Viral Marketing: Pengertian, Contoh Dan Keunggulan 2024

Viral Marketing

Viral Marketing perlu banget untuk dipelajari bagi seorang marketer, Guna mempromosikan baik sebuah produk maupun jasa yang sedang dijalankan oleh sebuah perusahaan,banyak produk yang dapat dijadikan sebagai konten viral,

Dengan fenomena yang ada saat ini berupa banyaknya pengguna media sosial bahkan platform iklan yang menjadi strategi marketing

Di sandingkan perubahan teknologi yang sangat cepat dapat dijadikan jalan promosi. untuk lebih lengkapnya simak berikut.

Pernahkah anda berpikir bagaimana dan mengapa sebuah konten atau iklan bisa dikenal oleh banyak orang, sedangkan yang lainnya tidak? Apakah alasan dibalik semua itu?

Dan tahukah kalian bahwa semua itu bisa terjadi karena terdapat strategi di dalamnya, yang dikenal sebagai viral marketing. 

Pengertian Viral Marketing

Viral Marketing: Pengertian, Contoh Dan Keunggulan 2022

Viral marketing adalah sebuah strategi promosi yang dipakai dengan tujuan membuat suatu konten atau iklan menjadi viral (diketahui oleh publik).

Ini bisa tersebar mudah dan sangat cepat dalam kurun waktu yang singkat, layaknya virus. 

Strategi ini berbeda dari yang lain sebab ia mengandalkan audiensnya sebagai promotor mereka.

Orang itulah yang menyebarkan konten atau iklan seseorang secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan.

Namun, hal ini bisa digunakan oleh pemilik usaha (bisnis) kecil guna mengenalkan produknya.

Viral marketing biasanya dikaitkan dengan istilah Word of Mouth (WOM) yang mampu menunjang brand awareness.

Tidak hanya itu, konten atau iklan dibuat semenarik mungkin guna menarik perhatian.

Sering kali, media sosial dijadikan sebagai medium utama untuk mengimplementasikan strategi ini.

Baca Juga : Traditional Marketing: Pengertian ,Perbedaan, Contoh dan Kelebihan

Contoh Viral Marketing

Contoh Viral Marketing

Nah, untuk memahami lebih mendalam mengenai viral marketing yang mana bertujuan menarik dan menginspirasi individu terkait informasi sebuah produk yang dipromosikan oleh seseorang.

Kami menyediakan pembahasan terkait beberapa contoh viral marketing, antara lain:

1. Billboard Terbalik Lazada 

Pada tahun 2017, Lazada menjadi salah satu e-Commerce marketplace populer di Indonesia

Yang dengan sengaja memasang iklan billboard terbalik di beberapa lokasi ibu kota.

Tentu saja hal ini sempat jadi buah bibir yang ramaikan dibicarakan oleh banyak orang.

Alasan dibalik pemasangan iklan billboard terbaik milik Lazada ini adalah adanya diskon besar-besaran yang ditawarkan mereka guna menarik minat masyarakat.

Seperti inilah contoh penerapan viral marketing yang bisa dilakukan oleh setiap pemilik usaha.

Baca Juga : Online Marketing: Pengertian, Tugas, Ciri Ciri dan Tips

2. ALS Ice Bucket Challenge 

Ice Bucket Challenge yang sudah dimulai pada 2014 itu, sempat ramai dibicarakan oleh banyak kalangan.

Sebab, kala itu tidak sedikit orang yang melakukan tantangan ini dengan menyiram

Bahkan memandikan dirinya menggunakan air es batu guna mengumpulkan donasi dan dana.

Sebenernya, kampanye ini dilakukan untuk meningkatkan awareness bagi orang yang menderita ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis).

Tidak jarang dari kalangan artis dan orang ternama melakukan Ice Bucket Challenge ini. Dalam waktu 8 minggu mereka berhasil mengumpulkan donasi sebesar 115 juta dollar. 

Keunggulan Pemasaran Menggunakan Viral Marketing

Dalam penggunaan sebuah sistem dan metode pemasaran, tentu saja memiliki kelemahan dan kelebihan dari implementasi tersebut.

Sama halnya dengan viral marketing. Terdapat beberapa keunggulan atau kelebihan dari pengaplikasian strategi itu. Berikut pembahasan detailnya!

Baca Juga : Credit Marketing Officer: Pengertian, Tugas, dan Job Desc

  • Murah 

Sebenarnya, biaya iklan itu relatif tergantung pada medium yang digunakan dan juga jenis kontennya.

Jika iklannya viral dan sukses, maka keuntungan yang diperoleh juga lebih besar. Bahkan, bisa berlipat ganda dari modal awal pemasangan iklan.

Disisi lain, seorang pemilik usaha dapat mengunggah konten atau iklan guna mempromosikan produk  mereka di media sosial.

Untuk soal biaya iklan jenis ini jauh lebih murah harganya sebab hanya membutuhkan kreativitas dan kuota. 

  • Meningkatkan Brand-awareness

Ini merupakan alasan utama pebisnis menggunakan strategi pemasaran ini.

Benar sekali, dengan konten yang viral. Maka bisnis anda mendapatkan kesempatan untuk dikenal oleh banyak orang.

Terlebih, jika konten promosi anda menyampaikan informasi yang bermanfaat dan solutif. 

Seperti contoh billboard Go-jek yang secara langsung memberikan pesan bahwa bisnis mereka merupakan solusi untuk mengurangi macet.

Oleh karena itu, semakin brand  anda dikenal oleh khalayak, kesempatan untuk memperoleh konsumen juga semakin tinggi.

Baca Juga : STP Marketing: Pengertian, Contoh dan Strategi

Kurang lebih itulah penjabaran singkat terkait Viral Marketing dari segi pengertian, contoh, hingga mengenali kelebihan atau keunggulan dari strategi ini.

Untuk itu, sangatlah penting bagi pebisnis yang hendak menggunakan metode ini menyiapkan beberapa item penting agar promosi tidak percuma.