Undifferentiated Marketing: Pengertian, Karakteristik dan Contoh 2022

Undifferentiated Marketing

Undifferentiated marketing sebuah usaha perusahaan dalam menekan biaya produksi kemasan serta meninjau pasar secara keseluruhan untuk menilai kebutuhan pasar, Tahukah kamu bahwa dalam mencapai target pasar yang efektif dan sesuai rencana,

Setiap pelaku usaha dianjurkan untuk menyusun strategi atau metode pemasaran agar dapat menjualkan produk dalam skala besar.

Salah satu contoh tekniknya ialah Undifferentiated Marketing

Undifferentiated Marketing 

Undifferentiated Marketing

Undifferentiatied marketing adalah salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam memperjualbelikan produk mereka

Dengan cara mengawasi pasar secara menyeluruh tanpa mengaitkan pandangan pribadi yang dapat membeda-bedakan target pemasarannya.

Selain itu, teknik ini biasa dilakukan dengan mengamati pasar dengan memfokuskan kepada bentuk pembungkusan atau pengemasan produk.

Pada dasarnya, hal ini diaplikasikan guna membantu perusahaan untuk menghemat biaya produksi barang buatan mereka.

Baca Juga : Event Marketing: Pengertian, Inti dan Contoh

1. Karakteristik Undifferentiated Marketing

Setelah memahami pengertian atau definisi dari teknik pemasaran Undifferentiated marketing.

Alangkah baiknya, apabila kita juga mengetahui beberapa ciri-ciri yang menjadi karakteristik dari metode promosi yang satu ini. Berikut ini pemaparannya!

2. Menggunakan Bauran Pemasaran Tunggal

Penggunaan bauran pemasaran tunggal ini sebenarnya merupakan sebuah upaya perusahaan yang meminta salah satu pekerjanya

Untuk mencari segmen pasar yang masih terbilang sepi atau sering diabaikan oleh mayoritas kelompok konsumen.

Hal ini bertujuan untuk membantu mereka, para pelaku bisnis (usaha) di pasar dalam memenuhi keperluannya.

Disini, pekerja dari suatu perusahaan tertentu akan diminta untuk memasarkan satu produknya sebagai upaya mereka memperoleh keuntungan yang cukup besar dengan pengeluaran kecil.

3. Memfokuskan Pemasaran di Satu Tempat

Mempromosikan pemasaran produk di satu tempat, dengan kata lain para pelaku usaha seperti perusahaan

Akan menjualkan barang buatannya di satu tempat yang kerap kali dianggap diabaikan oleh sebagian besar konsumen.

Meskipun begitu, mereka dapat melakukan hal ini supaya mampu menganalisa suatu pasar tanpa membedakannya satu sama lain.

Sebab, hampir setiap tempat pemasaran mempunyai potensi untuk membantu perkembangan penjualan suatu brand.

Baca Juga : Social Marketing: Pengertian, Teori, Tujuan dan Contoh

Contoh Undifferentiated Marketing 

Undifferentiated Marketing

Nah, setelah memahami pengetahuan dasar mengenai pengertian serta karakteristik dari pemasaran yang tidak membedakan satu sama lain.

Pelaku usaha juga perlu diberikan contoh dari penerapan Undifferentiated Marketing dalam memasarkan sebuah produk dari perusahaan tertentu.

Salah satunya ialah promosi produk coca-cola yang sangat diminati oleh banyak orang tanpa memandang status sosial konsumennya.

Dengan menerapkan strategi ini, memasarkan suatu produk tidak memerlukan biaya yang besar sebab pelaku usaha telah memahami segmen pasar dengan baik.

Selain itu, ada beberapa produk sabun atau deterjen yang juga menerapkan strategi ini.

Hal ini disebabkan oleh penghematan biaya promosi, produksi, penyediaan,

Serta riset pasar akibat teknik yang mereka gunakan tidak membedakan jenis pasar yang akan dipakai untuk menjualkan produk tersebut. 

Baca Juga :

Kelebihan Undifferentiated Marketing 

Setiap penggunaan suatu sistem baik itu berupa teknik, rencana, maupun strategi dalam dunia bisnis tidak akan terlepas dari keunggulan serta kekurangan dalam metode tersebut

Yang bisa membawa dampak atau pengaruh terhadap nilai jual sebuah produk. Berikut ini pembahasan mengenai kelebihan Undifferentiatied marketing.

Pertama, yaitu peningkatan terhadap jumlah penjualan barang seiring berjalannya waktu.

Pada dasarnya, pemanfaatan konsep strategi pemasaran Undifferentiatied marketing dapat membantu sebuah perusahaan

Dalam menjualkan barang dagangan dalam skala besar sebab mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Kedua, yakni membantu perusahaan dalam menghemat biaya pengeluaran menjadi lebih kecil.

Rinciannya ialah anggaran untuk produksi, penyediaan produk, transportasi, hingga promosi.

Selain itu, teknik ini bisa mengurangi biaya riset pasar sebab mereka dapat memasarkan produk dimanapun.

Kurang lebih seperti itulah pembahasan terkait Undifferentiatied marketing yang menjadi salah satu strategi pemasaran

Dengan Hasil yang terbilang efektif sebab tidak membedakan satu pasar dengan lainnya guna menjaga citra produk di mata konsumen.