7 Tugas Marketing: Executive, Manager, Communication dan Officer 2024

Tugas Marketing

Tugas marketing dapat dibagi menjadi beberapa bagian tergantung dari divisi yang ada, akan tetapi fokus akhir mereka tetap pada pemasaran sebuah produk yang dimiliki, Marketing sendiri merupakan kegiatan memasarkan produk untuk meningkatkan penjualan.

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, pasti memiliki divisi marketing.

Tugas marketing mencakup berbagai hal dalam mempromosikan dan menjual produk. 

Tugas Marketing

Tugas Marketing

Tugas seorang marketing adalah untuk menjualkan sebuah produk yang di sebuah perusahaan sampai memiliki konversi penjualan produk

Yang mana nantinya dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan, atau pebisnis baik dalam skala besar maupun kecil,

Selain itu seorang marketing juga harus menyampaikan informasi mengenai produk dari segi kelebihan sehingga dapat membuat minat pasar semakin tinggi.

Pada jajaran marketing terdapat berbagai macam divisi seperti berikut ini:

Baca Juga : Strategi Marketing Online Dan Contoh

Tugas Marketing Executive

Marketing executive merupakan orang yang bertanggung jawab untuk meningkatkan dan memperkuat nilai suatu produk perusahaan kepada masyarakat.

Jika produk tersebut bisa terkenal, maka marketing executive berhasil melakukan tugas dengan baik. 

Seorang marketing executive harus memiliki kemampuan menulis, komunikasi interpersonal yang baik serta kreatif dan inovatif.

Biasanya dalam perusahaan bisnis, juga sangat dibutuhkan skill persuasi dan negosiasi.

Harus bisa melakukan analisa produk maupun pasar. 

Terdapat 7 tugas marketing executive yang harus dijalankan demi meningkatkan penjualan, diantaranya:

  • Membuat data prospek pelanggan 
  • Mempersiapkan rencana penawaran 
  • Melakukan promosi.
  • Meningkatkan penjualan agar mencapai target.
  • Menangani komplain dari konsumen atau pelanggan.
  • Memberikan pelayanan jika ada kendala pada produk setelah dibeli konsumen.
  • Merancang strategi pemasaran bersama marketing manager.

Tugas Marketing Manager

Marketing manager memimpin tim pemasaran yang memiliki kemampuan untuk membuat produk tersebut terjual di pasaran.

Memang bukan hal mudah untuk memasarkan produk langsung dalam jumlah tinggi, sebab harus mendapatkan kepercayaan masyarakat. 

Marketing manager juga bisa disebut sebagai evaluator sekaligus konseptor.

Proses evaluasi biasanya dilakukan bersama tim marketing.

Namun, dalam proses pembuatan konsep harus bekerja sama dengan semua tim produksi hingga produk. 

Terdapat 8 tugas marketing manager yaitu: 

  • Memimpin proses inisiasi produk mulai dari data penjualan hingga pengguna. 
  • Mengkoordinasikan strategic marketing, sehingga dilakukan langkah yang tepat dalam pemasaran.
  • Mengatur dana yang dibutuhkan untuk setiap iklan produk. 
  • Memantau perkembangan dan kemajuan penjualan dan perusahaan. 
  • Mencoba proses pemasaran baru. 
  • Mengarahkan karyawan agar meningkatkan semua sumber daya untuk kepentingan perusahaan. 
  • Mengawasi dan mengendalikan kinerja manajemen perusahaan, penjualan hingga promosi. 
  • Membuat laporan kepada Direktur Utama tentang aktivitas manajemen pemasaran, promosi hingga penjualan setiap bulan. 

Baca Juga : Marketing Planning Adalah: Strategi dan Contoh Plan Makanan

Tugas Marketing Communication

Tugas Marketing Communication

Marketing Communication adalah kegiatan pemasaran menggunakan teknik komunikasi bertujuan memberikan informasi produk dan perusahaan kepada target pasar.

Seorang marketing communication memiliki peran sangat penting demi perkembangan perusahaan. 

Tugas marketing erat hubungannya dengan pemasukan perusahaan.

Harus memiliki skill presentasi tinggi agar promosi berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang bagus untuk perusahaan.

Kemampuan menerapkan pendekatan soft selling dan hard selling harus ada pada diri seorang marketing executive. 

Terdapat 9 tugas marketing communication yaitu: 

  • Melakukan presentasi dengan baik agar klien atau target pasar tertarik dengan produk perusahaan. 
  • Mempromosikan produk menggunakan media sosial. 
  • Memasarkan produk secara langsung melalui database yang ada seperti email atau menelepon. 
  • Melakukan negosiasi secara langsung atau offline. 
  • Menjelaskan kelebihan produk kepada target konsumen. 
  • Menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau perusahaan lain dalam hal kerja sama. 
  • Membangun dan mengembangkan merek.
  • Memahami dan melakukan riset pasar agar produk dihasilkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. 
  • Membuat laporan produk tentang sesuai atau tidak dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga : Affiliate Marketing: Apa Itu, Daftar afiliasi dan Contoh

Tugas Marketing Officer 

Marketing Officer atau petugas pemasaran selain menjual produk juga harus tahu kelebihan dan kekurangan produk untuk diberitahukan kepada perusahaan.

Dunia bisnis terus mengalami perkembangan sehingga tim pemasaran juga harus memiliki skill. 

Skill negosiasi, analisa, berpikir kreatif dan skill pendukung lainnya.

Karena itu, tanpa divisi marketing proses pemasaran bisa saja tidak terarah.

Bisnis berjalan tanpa ada pedoman dan rancangan tidak akan berjalan dengan baik.

Banyak hal atau kendala selama memasarkan produk, juga diatasi oleh tim pemasaran. 

Terdapat sejumlah tugas marketing officer diantaranya yaitu: 

  • Melakukan manajemen kampanye perusahaan. 
  • Memantau dan mengelola media sosial. 
  • Mendengarkan kebutuhan pelanggan. 
  • Melakukan riset pasar dan konsumen.
  • Berinovasi menghasilkan produk terbaik.
  • Membantu meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan. 
  • Menjalin kerja sama dengan agensi luar. 
  • Membuat materi promosi. 
  • Menangani produksi konten di website perusahaan. 
  • Melacak tren serta memonitor persaingan. 
  • Mencari alat pemasaran yang relevan dengan perkembangan zaman.

Baca Juga : Direct Marketing: Tujuan, Contoh dan Faktor Pendorong Pertumbuhan

Itulah penjelasan tentang tugas marketing, marketing executive, marketing manager hingga marketing officer di situs bisnisman.

Tanpa tim ini, pemasaran tidak berjalan sesuai harapan. Target penjualan juga tidak bisa dicapai dengan baik jika tim pemasaran tidak bekerja sama.

Oleh karena itu divisi di setiap marketing sangat penting sehingga dapat mendorong kemajuan sebuah bisnis yang berjalan.