Search Engine Marketing: Pengertian, Contoh, Cara Membuat dan Manfaat 2024

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau dikenal sebagai SEM merupakan strategi yang wajib dicoba oleh para pebisnis guna mengiklankan bisnis mereka. Karena SEM akan membantu untuk memunculkan website usaha milik anda di halaman pertama pencarian dengan cepat.

Mari lebih mengetahui SEM lebih dalam guna mengoptimalkan promosi produk kalian.

Dalam Optimasi ada hal-hal penting yang harus diketahui misalnya keyword yang akan digunakan dalam iklan tersebut,

Setiap keyword memiliki nilai iklan jadi semakin banyak pesaing keyword yang di bid maka akan memberikan nilai cpc yang tinggi.

SEM tersebut merupakan cara cepat dibandingkan dengan optimasi SEO yang butuh waktu lebih lama. nah lebih jelasnya bisa simak di bawah ini.

Baca Juga : Perbedaan Sales dan Marketing

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah, yang dikenal sebagai SEM merupakan sebuah bentuk strategi marketing berbayar

Milik sebuah perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website bisnis mereka di halaman utama pada mesin pencarian.

Dengan kata lain, sebuah perusahaan “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian,seperti google.

Jadi, ketika seseorang yang mengetikkan kata kunci pada mesin pencarian.

Lalu muncul website iklan dari sebuah perusahaan agar dapat dilihat oleh calon kliennya. 

Mengapa Search Engine Marketing (SEM) Itu Penting?

Search Engine Marketing (SEM) menjadi media promosi yang efektif dan cara tercepat untuk mengarahkan calon konsumen ke website anda.

Sebab, para pemilik usaha bisa menempatkan website mereka pada halaman utama dari mesin pencarian. 

Dengan begitu, visibilitas website bisnis anda dapat meningkatkan sebab calon konsumen yang secara sadar

Sedang melakukan pencarian dan mengunjungi website anda guna memperoleh informasi terkait pemasaran dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca Juga : Staff Marketing: Gaji dan Contoh Tugas

Manfaat yang Diperoleh dari Penggunaan SEM 

Penggunaan SEM bagi mereka yang sedang menjalankan bisnis sangatlah bermanfaat.

Karena dengan menggunakan SEM sebagai sarana pemasaran akan membantu usahanya berkembang serta meningkatkan brand awareness pada produknya.

Tidak hanya itu, pembuatan SEM jauh lebih cepat daripada SEO sehingga anda dapat menyampaikan iklan bisnis yang dimilikinya tepat pada sasaran pasar.

Disisi lain, para pemilik usaha diberikan kesempatan untuk menyesuaikan kemampuan dan keinginan mereka dalam penggunaan SEM. 

Contoh Search Engine Marketing

Contoh Search Engine Marketing

Setelah memahami pengertian dan pentingnya Search Engine Marketing (SEM).

Kami juga akan memberikan penjabaran terkait contoh Search Engine Marketing.

Terdapat banyak sekali format penggunaan SEM ini dan yang paling sering ditemui adalah dalam bentuk text beserta PLAs.

Pada format text dan PLAs (Product Listing Ads atau Shopping ads) yang biasanya berbentuk produk, harga barang, review, dan rating bersifat visual.

Sedangkan SEM dalam format teks sering kali menggunakan Google Adwords, Bing, Yahoo Gemini.

Baca Juga : Pekerjaan Marketing: Executive, Communication dan Contoh

Cara Membuat Search Engine Marketing

Seperti yang telah diketahui bahwa pemasangan iklan secara online tidak boleh sembarang.

Oleh karena itu, para pemilik usaha perlu mengoptimalkan kampanye SEM miliknya agar bisa menjangkau lebih banyak klien.

Berikut ini merupakan pembahasan terkait cara membuat Search Engine Marketing:

1. Riset Keyword

Beragam kata kunci yang bisa digunakan sebagai kampanye atau pengiklanan sebuah.

Nah, dalam rangka menemukan kata kunci yang tepat. Anda perlu melakukan riset keyword.

Namun, dalam analisa guna menentukan kata kunci yang tepat, kalian perlu memperhatikan beberapa hal seperti pada penjelasan ini.

Analisa kata kunci yang digunakan untuk mencari produk anda dengan bantuan keyword research tools.

Selanjutnya adalah mencari kata kunci yang berpotensi mendatangkan pembelian.

Kemudian, pilihlah keyword dengan Cost Per Click (CPC) yang paling efektif.

2. Tuliskan Keunikan Produk Di Deskripsi Iklan SEM 

Meskipun telah menggunakan kata kunci yang tepat, namun tidak mencantumkan deskripsi pada iklan Search Engine Marketing (SEM) tidak akan menghasilkan apapun.

Sebab, khalayak tidak tertarik pada iklan anda.

Oleh sebab itu, penggunaan kata kunci yang tepat harus ditemani dengan penulisan keunikan serta penawaran spesial dari produk pada bagian deskripsi iklan.

Hal ini bertujuan untuk menarik minat atau perhatian mereka yang mengakses mesin pencarian.

Baca Juga : Apa Itu Tele Marketing: Cara Kerja, Jenis dan Gaji

3. Copywriting Iklan di Landing Page dan Maksimalkan Kampanye 

Penyesuaian copywriting iklan SEM dengan landing page berperan penting

Sebab ia akan memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap produk dan brand perusahaan yang dimiliki seseorang.

Selain itu, maksimalkan kampanye dengan melakukan riset keyword ulang guna memeriksa kata kunci relevan yang mungkin belum digunakan.

Hal ini akan berdampak pada datangnya trafik audiens atau konsumen. nantinya misalkan kalo ada pembeli maka bagian staff marketing akan menjalankan tugasnya.

Kurang lebih itulah penjabaran terkait Search Engine Marketing (SEM) beserta pengertian di bisnisman.id,

Alasan pentingnya penggunaan SEM, manfaat, contoh Search Engine Marketing, serta cara membuat dan mengoptimalkan pengaplikasian SEM