Public Relationship Marketing: Pengertian, Contoh dan Tugas 2022

Public Relationship Marketing

Public Relationship Marketing, disingkat menjadi MPR adalah salah satu bagian dari rencana pemasaran dari perusahaan secara menyeluruh yang berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan konsumennya melalui penyampaian informasi terkait identitas produk mereka.

Public Relations marketing merupakan sebuah proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi semua program

Yang dapat mendorong pembelian serta kepuasan pelanggan dengan sebuah informasi secara komunikatif dan impresi,

Misalnya seperti iklan dan hubungan antara masyarakat yang akan menjadi target pemasaran.

Perusahaan terhadap pelanggan, pemasok dan penyalur tidak melulu cuma sekedar berhubungan secara konstruktif,

Namun perlu juga memiliki hubungan dengan kepentingan masyarakat yang besar.

Dengan begitu akan memberikan kesadaran dan kepercayaan kepada masyarakat akan produk dari perusahaan tersebut.

Contoh Marketing Public Relations

Public Relationship Marketing

Setelah memahami pengertian dari pemasaran secara publik, tidakkah kalian penasaran akan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan seorang MPR ini.

Kali ini kami akan menyampaikan beberapa contoh marketing public relations pada penjabaran berikut ini:

Baca Juga : Administrasi Marketing: 5 Tugas, Gaji dan Jobdesk

1. Melakukan Siaran Pers 

Siaran pers sendiri mempunyai definisi sebagai tulisan serta rekaman yang ditujukan langsung kepada media massa

Guna mengumumkan atau memberitahukan suatu produk dengan nilai dan manfaatnya agar dikenal oleh publik.

Sebagai contoh, terdapat salah satu pers yang menyatakan bahwasannya ada sebuah perusahaan yang mampu mengembangkan metode mendaur ulang sampah

Berasal dari TPA menjadi suatu produk kemasan yakni plastik.

2. Memberikan Sponsor Pada Event Tertentu

Memberikan sponsor pada event tertentu atau lebih dikenal sebagai sponsorship,

Dimana ia merupakan salah satu model penggunaan dari implementasi sistem promosi produk oleh pihak perusahaan ke publik.

Hal seperti ini kerap kali dilakukan oleh organisasi serta panitia acara tertentu.

Disini, suatu perusahaan akan bekerja sama dengan klien yang akan memberikan peluang pada pengusaha

Untuk mempromosikan produk mereka dan saling memberikan timbal balik yang menguntungkan kedua belah pihak. 

3. Membuat Pengumuman di Hadapan Khalayak Ramai 

Kegiatan seperti ini biasanya dilakukan oleh sejumlah karyawan yang bertugas untuk memasarkan produk kepada orang banyak.

Salah satu caranya adalah memberikan pidato persuasif berisi informasi terkait identitas produk barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaannya.

Selain itu, mereka juga bisa membuat pengumuman seperti saat bos besar perusahaan

Mereka telah memperoleh support dalam mengerjakan salah satu program dari pemerintah guna menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dari sebelumnya.

Baca Juga : Mobile Marketing: Pengertian, Strategi dan Contoh

Tugas Marketing Public Relation

Public Relationship Marketing

Selain public relationship marketing mempunyai tujuan yang ingin dicapai,

Staf karyawan marketing public relations juga memiliki tugas serta tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh mereka.

Antara lain, membantu meningkatkan kesadaran pada para konsumen terhadap brand (brand awareness).

Tidak hanya itu, MPR juga bertugas untuk membangun citra atau image perusahaan supaya calon konsumen mempunyai kepercayaan atas produk brand yang ditawarkan kepada mereka.

Kemudian, mengembangkan reputasi melalui artikel sponsor mengenai kelebihan serta keunikannya.

Berikutnya ialah memperbaiki pelayanan yang diberikan kepada konsumen supaya mereka merasa puas akan pelayanan tersebut sehingga tidak ragu untuk mengulanginya.

Terakhir, yaitu mampu mengkomunikasikan kepada publik mengenai aktivitas serta program kerja perusahaan mereka.

Baca Juga :

Contoh Permasalahan Marketing Public Relation

Hampir semua dari mereka yang memiliki bisnis dihadapkan dengan permasalahan atau krisis.

Masalah (kasus) semacam itu datang tanpa diundang serta berdampak buruk pada perkembangan sebuah usaha.

Tidak jarang dari mereka mengalami kerugian serta kebangkrutan akibat beragam kasus yang terjadi.

Pada dasarnya, kasus atau masalah yang menimpa perusahaan kala mereka mencoba memasarkan produk menggunakan strategi ini adalah rusaknya citra dan nama baik bisnis,

Serta organisasi seseorang di mata publik. Bahkan tidak akan ada lagi yang mempercayai usaha mereka.

Akibat masalah public relationship marketing yang terjadi akan berdampak pada beberapa aspek bisnis.

Seperti menurunnya kualitas barang produk baik barang maupun jasa, runtuhnya nama baik yang sudah dibangun dengan susah payah,

Hingga kehilangan kepercayaan dari publik pada suatu organisasi yang sempat menaunginya.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian Public Relationship Marketing (MPR) sebagai rencana memasarkan sebuah produk agar lebih dikenal di khalayak ramai,

Yang kami sertakan beberapa contoh aktivitas, penjelasan tugas, serta jenis kasusnya.