Mobile Marketing: Pengertian, Strategi dan Contoh 2022

Mobile Marketing

Mobile marketing adalah seperangkat aktivitas pemasaran yang memberikan kesempatan para pengusaha agar dapat berkomunikasi dengan konsumen mereka secara aktif serta cocok satu sama lain menggunakan mobile device atau jaringan nirkabel. 

Mendengar istilah mobile pasti di pikiran kalian yang terlintas berupa Handphone ya?

Nah memang benar sekali saat ini smartphone atau ponsel tidak lagi menjadi benda yang asing,

Yang mana hampir setiap orang sudah dapat  menggunakan ponsel baik untuk kebutuhan komunikasi ataupun hiburan.

Bahkan saat ini ponsel lebih ke sarana hiburan seperti menonton youtube dan bermain media sosial,

Ketika bermain kedua aplikasi tersebut tentunya kalian pernah melihat iklan bukan? baik itu iklan berupa endorse atau iklan secara langsung dari develop aplikasi yang sedang digunakan,

Itulah yang mungkin bisa kita sebut salah satu mobile marketing yang bisa kalian lihat langsung dari hp.

Baca Juga : Teknik Marketing: Pengertian, Pemasaran Online dan Yang Baik

Pengertian Mobile Marketing

Mobile marketing

Mobile marketing sendiri bisa diartikan sebagai salah satu jenis metode pemasaran yang mana pekerjanya

Diminta untuk berkomunikasi dengan konsumennya melalui perangkat seluler atau smartphone.

Atau bahkan komunikasi bisa melalui media iklan yang informatif di mobile.

Hal itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pemilik usaha menjangkau target audiensnya lebih mudah dan efisien.

Perkembangan mobile marketing bisa dibilang cepat sebab didukung dengan hadirnya beberapa marketplace.

Strategi Mobile Marketing 

Sebelum melakukan aktivitas pemasaran, tentu saja diperlukan rencana yang matang untuk diterapkan kedepannya.

Sehingga dalam mencapai tujuan bisnis dapat dicapai dengan mudah.

Oleh sebab itu, setiap pengusaha perlu mengetahui beberapa strategi mobile marketing seperti berikut:

1. Penggunaan Sistem Broadcast 

Melalui penggunaan sistem broadcast yang ditujukan kepada para pembeli serta klien sebuah perusahaan

Akan mempermudah mereka untuk berinteraksi dengan konsumen mereka dengan memberikan iklan promosi produk barang dan jasa.

Komunikasi antara pemilik usaha dengan klien serta konsumennya dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi chatting

Sejenis whatsapp, telegram, line, dan sebagainya. Pada umumnya interaksi keduanya

2. Pemilihan Media Sosial Untuk Promosi

Seperti yang sudah sering dijumpai bahwasannya penggunaan media sosial sebagai media untuk memasarkan suatu produk barang dan jasa

Serta memberikan banyak manfaat kepada para pemilik usaha. Salah satunya ialah mereka dapat menjangkau calon konsumennya dengan mudah.

Tidak hanya itu, penggunaan media sosial juga bisa menghemat biaya pemasaran sebab harga penanganannya terbilang strandard (tak terlalu mahal).

Oleh karena itu, penentuan platform terbaik untuk promosi seperti Tiktok, Instagram, Facebook, Twitter akan mempermudah mereka dalam memasarkan apa yang diperjual belikan.

Baca Juga : Experiential Marketing: Pengertian, Contoh Dan indikator

3. Penggunaan Telepon dan SMS

Meskipun sekarang ini sudah familiar dengan penggunaan internet dalam berbagai urusan.

Pengaplikasian telepon dan SMS juga bisa dipakai untuk marketing atau pemasaran suatu produk barang serta layanan jasa.

Strategi pemasaran semacam ini termasuk dalam model telemarketing yang juga tergolong menjadi bagian dari teknik mobile marketing.

Metode ini merupakan proses memasarkan produk dengan berinteraksi dengan konsumennya secara personal.

Contoh Mobile Marketing 

Mobile marketing

Setelah memahami apa itu mobil marketing dan strateginya, guna memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam.

Maka, kami menyajikan beberapa contoh penerapan mobile marketing dalam dunia bisnis. Berikut ini pembahasannya!

1. Penggunaan Aplikasi 

Teknik pemasaran yang saat ini selalu berkembang seiring berjalannya waktu.

Berawal dari traditional marketing hingga strategi promosi melalui jaringan nirkabel atau internet.

Memasarkan produk dengan menggunakan aplikasi membantu penghematan pengeluaran dari perusahaan.

Selain itu, hal yang sangat krusial dalam metode pemasaran ini tentunya aplikasi seluler.

Oleh karena itu, penting bagi karyawan di bagian marketing untuk menentukan platform mana yang akan digunakan tanpa perlu repot menciptakannya sendiri.

2. Memasarkan Produk di Dalam Sebuah Game

Pemasaran dengan strategi mobile marketing melalui penggunaan game yaitu menampilkan iklan berisi konten persuasif yang menawarkan produk barang atau layanan jasa dari suatu perusahaan.

Pada umumnya berbentuk spanduk iklan (banner pop-ups), full-image ads, bahkan video ads.

Game di era sekarang, sudah diciptakan disertai beragam fitur yang semakin canggih dan interaktif bagi para pemainnya.

Oleh sebab itu, semakin bagus kualitas game maka akan menarik banyak peminat.

Karena ketertarikan tersebut, marketer memanfaatkan peluang untuk menawarkan produknya melalui iklan.

Baca Juga :

3. Metode Pemasaran dengan Memperhatikan Lokasi 

Maksud dari teknik pemasaran produk dengan memperhatikan lokasi ialah rencana promosi secara langsung yang menggunakan perangkat seluler,

lebih dikenal sebagai GPS guna menentukan tempat atau area distribusi barang serta layanan jasa.

Bagaimana lokasi konsumen dapat diketahui oleh pemasar? Jawabannya ialah saat para pelanggan menginstall aplikasi (GPS) di smartphone

Yang kerap kali digunakan untuk melacak lokasi target dengan persetujuan mereka. 

Demikianlah penjabaran lengkap terkait pengertian mobile marketing,

Dan juga disediakan beberapa contoh serta strategi pemasaran yang sesuai dengan metode marketing ini.

Dimana penggunaannya menawarkan berbagai manfaat bagi perusahaan serta konsumennya.