Marketing Inbound: Pengertian, Contoh, Kelemahan dan Tujuan 2024

Marketing Inbound

Marketing Inbound salah satu metode yang digunakan untuk pendekatan kepada konsumen sebagai target pemasaran, jika dulu dilakukan secara agresif dengan istilah outbound marketing maka beda halnya dengan saat ini lebih ke inbound marketing.

Dengan metode tersebut diyakini akan lebih menggaet banyak konsumen serta membuat mereka lebih loyal pada sebuah bisnis yang kalian bangun.

Marketing Inbound

Marketing Inbound

Marketing Inbound adalah suatu metode pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan guna membantu calon konsumen

Atau pembelinya dalam menemukan bisnis (usaha) milik seseorang dengan mudah dan cepat. 

Apabila pada umumnya bisnis yang harus mendatangkan konsumen di inbound marketing maka sebaliknya yakni konsumen yang mendatangi bisnis kalian,

Prinsip nya bagaimana caranya konsumen bisa datang dan tertarik dengan bisnis yang sedang kita kelola,

Nantinya pemilik bisnis harus berusaha supaya  bisnis kalian dibutuhkan bagi konsumen.

Baca Juga : Network Marketing: Pengertian, Contoh dan Gaji

Contoh Inbound Marketing 

Marketing Inbound pada dasarnya merupakan sebuah frasa yang menaungi beragam teknik marketing

Di dalam guna menyediakan konten atau informasi yang ditujukan bagi target audiencenya.

Berikut pembahasan contoh penerapan inbound marketing yang dapat digunakan untuk usaha anda.

1. SEO ( Search Engine Optimization) 

Search Engine Optimization yang sering kali disingkat sebagai SEO merupakan salah satu metode yang dilakukan oleh sebuah perusahaan

Bertujuan untuk menjadikan bisnis atau brand miliknya agar lebih gampang ditemukan dalam mesin pencarian seperti google, yahoo, dan sebagainya.

Hal ini sangat diperlukan untuk mengembangkan sebuah produk barang atau jasa milik suatu brand.

Oleh karena itu, jasa seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang ini dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang bisa menghasilkan pendapatan dengan nominal besar.

Baca Juga : STP Marketing: Pengertian, Contoh dan Strategi

2. Artikel Blog 

Berdasarkan beberapa survey yang pernah dilakukan oleh hubspot,

Terbukti bahwa sekitar 57 persen respondennya mendapatkan konsumen atau pembeli baru melalui metode pemasaran lewat artikel blog.

Hal ini disebabkan oleh adanya konten artikel yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan menghasilkan solusi dari permasalahan para target pasar.

Oleh sebab itu, calon konsumen merasa tertarik untuk mengunjungi blog tersebut.

3. E-books 

E-books bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mengulas beragam topik namun memerlukan lebih dari satu artikel dalam pembahasannya.

Selain itu, ini juga dapat digunakan guna mempresentasikan keahlian serta memberikan informasi terkait bisnis milik sebuah perusahaan.

Dalam penggunaan e-book, para target pasar mempunyai kesempatan untuk mengunduh

Guna mempermudah mereka dalam membaca dan memperoleh informasi terkait apa yang menjadi kebutuhannya.

4. Video 

Konten pemasaran suatu produk dalam format video terus meningkat dengan cepat dan efisien baik dari pihak sang kreator maupun para konsumennya.

Berdasarkan penelitian pasar oleh Wyzo membuktikan bahwa sebagian besar pembeli lebih menyukai konten video guna mempelajari brand tertentu. 

Sedangkan, dalam pembuatannya perlu memperhatikan beberapa saran guna meningkatkan kualitas konten mereka.

Salah satunya ialah penyertaan transkrip dalam setiap video yang diunggah di berbagai platform, seperti Instagram, Tiktok, dan Twitter.

5. Media Sosial 

Bukankah kalian sudah sangat familiar dengan istilah media sosial?

Faktanya, mereka dapat digunakan dalam mempromosikan sebuah produk barang atau jasa dengan mudah melalui pembuatan beberapa konten untuk memasarkannya.

Sekali lagi, dibuktikan oleh hasil penelitian Hubspot yang menyatakan bahwa perolehan besar konsumen didapatkan melalui penggunaan sosial media.

Seperti, Facebook, LinkedIn, serta Twitter. Yang mana sudah dilengkapi dengan berbagai fitur.

Kelemahan Inbound Marketing 

Marketing Inbound

Setiap metode atau teknik pemasaran tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sama halnya dengan strategi yang satu ini, ia juga mempunyai kelemahannya sendiri.

Antara lain, tidak mempunyai target pasar tetap sebab terlalu fokus dalam menyebarkan informasi produk.

Selanjutnya ialah sering lalai untuk mencantumkan nilai dari produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan

Dalam niatnya menarik perhatian konsumen supaya mempunyai keinginan menggunakannya.

Baca Juga :

Tujuan Inbound Marketing

Penciptaan serta penggunaan suatu metode pastinya memiliki tujuan yang ingin dicapai oleh para penggunanya.

Seperti halnya pada pengaplikasian inbound marketing guna mempromosikan suatu produk tentunya mempunyai target yang dituju.

Salah satunya adalah untuk mengenalkan produk baik berupa barang maupun layanan jasa yang disediakan oleh brand tertentu

Sehingga target audiensnya tertarik mengunjungi konten yang memang sengaja dibuat. 

Demikianlah penjelasan mengenai marketing inbound sebagai salah satu metode pemasaran produk barang dan jasa.

Terlebih lagi, seiring perkembangan teknologi teknik dalam memasarkan brand dapat dilakukan dengan mudah.

Meskipun, dalam penggunaannya terdapat beberapa kekurangan.