3 Manfaat Digital Marketing Menurut Para Ahli, UMKM Dan Owner Bisnis 2022

Manfaat Digital Marketing

Pastinya sebelum menjalankan sebuah teknik marketing secara digital paham terlebih dulu mengenai manfaat digital marketing, maka dari itu Sebelum melangkah lebih jauh guna memahami berbagai manfaat yang diperoleh dari penggunaan digital marketing dalam suatu bisnis.

Akan lebih baik jika anda mendalami definisi serta manfaat digital marketing. 

Yang mana untuk memberikan pemahaman lebih sehingga dapat dimanfaatkan serta dijalankan secara baik demi mencapai tujuan dalam pemasaran sebuah produk. Berikut ini pembahasannya!

Manfaat Digital Marketing

Manfaat Digital Marketing

Digital marketing bukanlah sesuatu yang asing lagi saat ini. Sebab, ia menjadi sangat populer di kalangan pelaku usaha atau pebisnis.

Tentu kalian pernah menjumpai beberapa perusahaan melaksanakan kampanye online melalui berbagai platform digital, seperti website, blog, bahkan sosial media.

Nah, hal semacam itulah yang disebut sebagai pemasaran online. Dengan kata lain, digital marketing adalah suatu metode yang digunakan untuk memasarkan produk,

Baik berupa barang maupun jasa melalui perangkat elektronik di berbagai platform online guna mempermudah jangkauan pada konsumen.

Baca Juga : Email Marketing: Contoh dan Platform Email Gratis

Manfaat Digital Marketing Menurut Para Ahli 

Peranan metode ini di era modern seperti sekarang sangatlah krusial sebab terdapat banyak benefit yang ditawarkan oleh penggunaan teknik pemasaran online.

Jadi, tidak heran apabila beberapa ahli juga mengakui manfaat digital marketing dalam sebuah bisnis, sebagai berikut:

1. Menurut Chaffey (2002)

Dave Chaffey mempunyai buku yang bertajuk “E-Business and E-Commerce Management” telah diterbitkan pada tahun 2002.

Beliau menyatakan bahwa digital marketing adalah contoh penerapan teknologi dalam memasarkan produk serta menciptakan hubungan digital ke pasaran.

Hubungan yang dimaksudkan, yakni relasi antara beberapa media perantara dalam menciptakan brand awareness pada masyarakat.

Dapat disimpulkan bahwa manfaat digital marketing menurut Chaffey adalah membuat target konsumennya sadar akan keberadaan sebuah produk, barang maupun jasa. 

2. Menurut Urban (2004)

Dalam buku terbitannya pada tahun 2002 dengan judul “Digital Marketing Strategy: Text and Cases” karya Glen L.

Urban, menyatakan bahwa pemasaran secara online merupakan usaha pengoptimalan pemanfaatan internet untuk meningkatkan performa penjualan sebuah perusahaan.

Beliau juga mengkonfirmasi bahwa metode pemasaran secara tradisional tidak cukup efektif digunakan di era digital seperti saat ini.

Oleh sebab itu, para pelaku usaha disarankan untuk mengubah teknik pemasarannya menjadi digital marketing mengikuti perkembangan teknologi.

Baca Juga : Green Marketing: Pengertian dan Contoh Produk

3. Menurut Heidrick and Struggles (2009)

Buku karya Heidrick and Struggles yang terbit pada tahun 2009 dengan topik “The Adoption of Digital Marketing in Financial Service Under Crisis

Mengatakan bahwasannya pemasaran melalui perangkat digital adalah teknik memasarkan produk secara online melalui situs web, games, hingga smartphone.

Beliau memiliki tujuan dalam hal ini, yaitu mampu menawarkan metode promosi dengan pengaruh besar guna menarik perhatian target konsumen.

Selain itu, Heidrick dan Struggles lebih mementingkan efektivitas teknik pengiklanan daripada jumlah biaya yang dikeluarkan.

Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM

Manfaat Digital Marketing

Semenjak pandemi COVID-19 yang beredar di Indonesia, menyebabkan pendapatan pelaku bisnis UMKM mengalami penurunan.

Oleh sebab itu, mereka mencoba mencari solusi dari permasalahannya itu dengan memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk mereka. 

Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dengan mengaplikasikan metode digital marketing bagi pebisnis UMKM,

Antara lain memperoleh kesempatan untuk menjangkau konsumen dengan mudah, biaya promosi lebih kecil sebab tidak terlalu menggunakan media cetak dalam pemasarannya.

Selain itu, digital marketing juga membantu pelaku usaha UMKM dalam meningkatkan penjualan produk mereka,

Mempermudah mereka dalam menganalisa penjualan kepada konsumennya. Serta, memudahkan pemilik usaha untuk berinteraksi dengan konsumennya.

Baca Juga :

Manfaat Digital Marketing Bagi Owner Bisnis

Sebenarnya, manfaat penggunaan digital marketing bagi owner bisnis tidak jauh berbeda dengan pemilik usaha UMKM.

Tetapi, terdapat sedikit perbedaan diantara keduanya. Seperti penjelasan manfaat pemasaran online bagi mereka yang mempunyai bisnis sendiri.

Dapat menjangkau kalangan target konsumen tanpa batas waktu, yang membuat digital marketing mampu memperluas jangkauan mereka dengan menggunakan SEO teknik pada mesin pencarian.

Selain itu, kampanye secara online sangat membantu pemilik usaha mencapai targetnya dalam waktu yang relatif cepat.

Demikianlah penjelasan mengenai digital marketing yang merupakan metode pemasaran produk menggunakan perangkat seluler di beberapa media online,

Beserta penjabaran lengkap mengenai manfaat yang akan diperoleh dengan mengimplementasikannya.