5 Cara Mengajukan KPR BRI dan Syarat serta Simulasi

Cara Mengajukan KPR BRI

Seperti yang Anda ketahui jika Bank BRI menjadi salah satu perbankan dengan menawarkan banyak fasilitas menarik. Salah satu layanan dengan jumlah peminat tinggi tentu saja adalah KPR BRI. Kredit kepemilikan rumah ini membantu banyak individu untuk bisa cepat punya rumah.

Jenis KPR BRI yang Harus Nasabah Ketahui

Cara Mengajukan KPR BRI

Program dan layanan BRI memang kebanyakan membawa keuntungan bagi masyarakat menengah ke bawah. Tidak heran jika Kredit Pemilikan Rumah ini hadir untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah sehingga bisa punya hunian secara cepat. Berikut adalah 2 jenis KPR BRI yang harus nasabah ketahui.

1. KPR BRI dengan Subsidi

KPR Bersubsidi BRI merupakan layanan kredit perseorangan yang perbankan tawarkan. Program ini akan memudahkan seseorang dalam memiliki rumah idamannya baik bekas maupun baru dengan keadaan limit tertentu.

Jenis KPR dari bank BRI satu ini memiliki jumlah bunga yang terbilang fleksibel karena menyesuaikan dengan program pengambilan. Sebenarnya KPR BRI bersubsidi ini hanya bisa nasabah nikmati bisa masuk golongan MBR karena menyesuaikan aturan pemerintah.

Baca Juga : Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan BRI dan Suku bunga Lengkap

2. KPR Non Subsidi

Sementara untuk kredit rumah BRI non subsidi atau tidak ada subsidinya bisa mencakup masyarakat secara luas. Akan tetapi perlu Anda ingat jika KPR jenis ini memiliki ketentuan bunga floating atau mengambang. Program kredit kepemilikan harus benar benar seseorang pahami secara baik.

KPR BRI non subsidi ini bisa seseorang gunakan untuk membeli rumah baik jenis bekas, baru maupun komersial dengan ketentuan dari developer. Biasanya pengembang atau developer harus sudah bekerja sama dengan bank BRI.

Simulasi Cicilan KPR BRI yang Harus Diketahui Nasabah

Sebelum mengambil atau mengajukan cicilan KPR, pastikan untuk mengetahui dulu simulasi perhitungannya. Hal ini sangat penting agar seseorang bisa memahami betul proses pengajuan KPR ini sehingga dapat melakukan pengajuan secara tepat. Untuk simulasi KPR BRI berikut perhitungannya.

Misalnya Anda ingin mengambil rumah seharga Rp. 600 juta dan berniat mengajukan kredit KPR BRI dalam waktu 15 tahun. Uang mukanya sendiri sebesar 30% dari harga rumah sehingga memerlukan dana sebesar Rp. 180 juta. Sedangkan plafon pinjaman yang bisa nasabah peroleh dari data tadi adalah Rp. 420 juta.

Kemudian suku bunga KPR BRI ada di angka 6,5% pada tahun pertama, jadi perkiraan cicilan per bulannya pada tahun pertama adalah Rp. 3.321.333,22. Begitulan tadi simulasi sederhana yang dapat nasabah pelajari sebelum benar benar mengambil kredit kepemilikan rumah ini. Pastikan memahaminya dengan tepat sebelum mengajukan KPR.

Baca Juga : Kode Bank BSI dan Cara Transfer Yang Benar

Syarat Pengajuan KPR BRI

Cara Mengajukan KPR BRI

Setiap layanan atau produk perbankan memiliki ketentuan dan aturan. Sama halnya dengan program lainnya tentu BRI sudah menyiapkan beberapa syarat harus nasabah penuhi sebelum menikmati layanan KPR. Berikut adalah syarat Syarat KPR BRI.

1. Syarat Utama

Dalam melakukan proses pengajuan ini setidaknya Anda harus memenuhi syarat sehingga bisa mendapatkan manfaat dari layanan KPR. Kredit pemilikan rumah menjadi salah satu program yang hadir dengan beberapa ketentuan. Pertama tama harus memenuhi syarat utama terlebih dahulu, berikut penjelasannya.

  • Mengisi formulir pengajuan KPR Bank BRI
  • Warga Negara Indonesia atau WNI taat Hukum
  • Telah membuka rekening BRItama
  • Telah berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Memberikan informasi lokasi tempat tinggal dengan jelas

2. Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Setelah semua syarat utama dapat Anda penuhi selanjutnya adalah melengkapi berkas dokumen. Hal ini juga sangat penting untuk nasabah perhatikan sebelum mengajukan kredit kepemilikan rumah ini. Apabila salah satu dokumen tidak lengkap bisa saja mengalami kegagalan dalam proses ini, berikut adalah syarat dokumen untuk pengajuan KPR BRI.

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Menyiapkan NPWP
  • Sediakan pas foto terbaru
  • Menyiapkan surat keterangan gaji atau pendapatan

Baca Juga : Apa Itu KTA BRI online dan Begini Cara Mengajukannya Lengkap

Bagaimana Cara Mengajukan KPR BRI

Untuk melakukan pengajuan KPR dari bank BRI ini biasanya seseorang bisa langsung ke kantornya. Cara mengajukan KPR BRI cukup mudah, setelah Anda melengkapi semua persyaratan yang pihak bank berikan, maka silahkan untuk mencari kantor terdekat bank BRI.

Kemudian sesampainya di sana silahkan mengambil nomor antrian dan sampaikan kepada petugas perihal pengajuan KPR Anda. Setelah itu pergi ke costumer service dan serahkan semua dokumen tersebut. Apabila semua sudah terpenuhi maka akan masuk ke tahap selanjutnya.

Biasanya pihak bank tidak membutuhkan waktu lama untuk memberikan mencarinya jika semua syarat sudah Anda penuhi. Pemberitahuan sendiri pihak bank berikan secara bertahap kemudian bisa mendapatkan nilai plafon pinjaman. Jika semua sudah setuju rincian biaya kredit per bulan yang harus nasabah bayarkan pun akan muncul.

Demikian informasi mengenai simulasi, suku bunga, syarat dan cara mengajukan KPR BRI dengan efektif. Mengajukan kredit untuk membeli rumah sekarang memang cukup cepat prosesnya apalagi sebagai nasabah bank BRI. Tentunya informasi ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin cepat memiliki hunian idaman.

3 Daftar e Pay BRI Online dan Offline yang…

Anda bisa daftar e Pay BRI online maupun offline apabila ingin melakukan pembayaran sistem elektronik yang mudah dan cepat. Layanan ini nantinya dapat dimanfaatkan...
admin
2 min read

5 Cara Cek Penerima UMKM eForm BRI Secara Online…

Sekarang ini para pelaku UMKM dapat mengecek penerima dana bantuan dari pemerintah melalui eForm BRI. Bantuan dana yang diberikan tersebut merupakan salah satu upaya...
admin
2 min read

3+ Limit Transfer BRI Mobile ke Sesama BRI dan…

Ada banyak orang yang belum mengetahui apa itu limit transfer BRI mobile hal ini merupakan hal yang wajar. Terlebih apabila Anda baru saja membuka...
admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *