Konsep Marketing Mix, Pengertian, Plan dan Contohnya 2022

Konsep marketing sangat penting diketahui untuk sebuah bisnis supaya dapat memanajemen perusahaannya. Dalam menjalan sebuah usaha harus memiliki konsep yang bagus guna merancang dan merencanakan langkah selanjutnya yang akan diambil dalam membangun sebuah branding,

Biasanya para pelaku usaha tentu saja sudah familiar dengan konsep yang diperlukan dalam mengelola sebuah perusahaan.

Salah satu yang dimaksudkan disini yakni perencanaan pemasaran, atau sering disebut sebagai konsep marketing. 

Sedangkan jika baru memulai sebuah usaha alangkah baiknya memahami berbagai konsep marketing

Supaya dalam menjalan sebuah bisnis bisa melaju dengan baik mengurangi resiko kegagalan.

Baca Juga : Omni Channel Marketing: Pengertian, Contoh, Kelemahan dan Kelebihan

Konsep Marketing

Konsep Marketing

Konsep marketing atau pemasaran adalah seperangkat kegiatan yang bertujuan untuk membantu jalannya promosi serta memasarkan produk hasil produksi dari sebuah perusahaan.

Aktivitas tersebut dilaksanakan supaya barang yang ditawarkan disukai bahkan digunakan oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, sebuh konsep tidak hanya berarti serta bertujuan untuk memasarkan suatu produk tertentu.

Akan tetapi, juga menjadi sebuah aksi dari sebuah pelaku usaha seperti perusahaan untuk menjalin hubungan konsumennya.

Apa Itu Konsep Marketing Mix?

Marketing mix adalah salah satu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa aspek di dalamnya sehingga menjadi kesatuan,

Dengan tujuan untuk mencapai apa yang sudah menjadi target pelaku usaha. Sedangkan, konsep marketing mix terdiri dari beberapa elemen seperti paparan berikut ini.

1. Place 

Tempat atau lokasi menjadi salah satu elemen penting dalam konsep pemasaran bagi sebuah perusahaan ketika mereka hendak melakukan promosi.

Hal ini disebabkan oleh pemilihan posisi pemasaran akan mempengaruhi jumlah penjualan produk.

Selain itu, elemen tempat dalam konsep marketing mix merupakan form saluran penyebaran produk yang mengacu pada lokasi supplier.

Serta, untuk mempermudah konsumen dalam menemukan bisnis yang menawarkan barang guna diperjual belikan.

2. Product

Selain dari tempat, produk juga mempunyai peran yang krusial dalam konsep marketing.

Sebab, ia merupakan sesuatu yang bernilai sehingga diperuntukkan guna diperjual belikan agar pelaku usaha memperoleh penghasilan darinya.

Produk sendiri merupakan sesuatu yang mempunyai nilai fungsional sehingga kerap kali dimanfaatkan oleh konsumen dalam mencapai tujuan tertentu.

Disisi lain, dia juga memiliki nilai jual yang digunakan para pelaku usaha untuk mendapatkan penghasilan.

3. Promotion

Nah, melangkah ke elemen selanjutnya yaitu promotion , Yang mana upaya mengiklankan produk yang telah diproduksi oleh perusahaan

Yang pastu sudah terdapat nilai fungsional bagi para pembelinya sehingga mereka akan tertarik pada apa yang ditawarkan.

Sedangkan, dalam marketing mix. Promotion merupakan salah satu rencana yang akan diaplikasikan oleh karyawan di bidang pemasaran

Untuk membuat target konsumennya sadar akan keberadaan produk milk mereka.

Baca Juga : Undifferentiated Marketing: Pengertian, Karakteristik dan Contoh

4. Price 

Dari ketiga elemen yang sudah dibahas sebelumnya, price memegang tahta tertinggi bagi perusahaan sebelum melakukan promosi di pasaran.

Sebab, dengan mengetahui harga produk, konsumen dapat melakukan transaksi jual beli tersebut.

Disisi lain, harga merupakan nilai atau sesuatu yang akan diperoleh seorang pelaku bisnis sebagai ganti produk yang sudah dijualkan kepada konsumen.

Oleh sebab itu, penentuan price sangatlah penting guna menentukan nilai produk mereka. 

Konsep Marketing Plan 

Konsep Marketing Plan

Marketing plan merupakan sebuah metode yang memegang peran penting dalam tugas sebagai seorang marketer

Guna menyusun jalannya kegiatan pemasaran kedepannya, serta menjadi landasan atau pilar utama bagi keberlangsungan sebuah perusahaannya.

Peranan marketing plan sendiri, ialah untuk mengorganisir penyajian barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan setiap individu secara lebih baik di target pasar.

Hal semacam ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam mengkoordinasikan pemasaran.

Baca Juga :

Contoh Konsep Marketing 

Nah, untuk mendapatkan pemahaman lebih, kami juga menyediakan pemaparan beberapa contoh konsep marketing seperti apa yang diterapkan oleh beragam produk China.

Mereka menghadirkan customer service di dalam negeri agar lebih mudah didapatkan bagi para konsumennya. 

Selain itu, produk sync atau teknologi yang memberikan fitur “mengobrol” di beberapa kendaraan.

Layanan seperti ini merupakan penerapan konsep produktif dimana mereka menawarkan kualitas serta fitur inovatif yang disukai oleh konsumen.

Disisi lain, juga terdapat iklan rokok Clas mild yang mempunyai slogan “talk less do more” menawarkan pemakaian produk

Yang mana mereka akan menjadi irit dalam berbicara, namun banyak bekerja guna menyelesaikan masalah. Hal semacam ini menerapkan selling concept.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan serta pemaparan yang singkat mengenai pengertian konsep marketing,

Dengan disertai beberapa elemen penting dari marketing mix hingga contoh penerapannya.