Integrated Marketing Communications : Pengertian, Strategi dan Contoh 2024

Integrated Marketing Communications

Integrated Marketing Communications perlu di pahami dalam melakukan bisnis atau usaha, apalagi jika kalian seorang marketer yang posisinya sangat potensial dan penting dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya Integrated Marketing Communication pelanggan akan mempunyai gambaran tentang prduk yang akan di pasarkan

Serta dapat memberikan potensi menjadikan konsumen jangka panjang. dalam era digital seperti ini promosi melalui media iklan,

Untuk berbagai produk semakin gampang asalkan sudah cakap dalam mengoperasikan media digital.

Integrated Marketing Communications

Integrated marketing communications adalah suatu strategi dalam memasarkan produk atau jasa dengan mengkomunikasikan pesan yang sama di semua saluran pemasaran.

Sedangkan menurut kotler dan amstrong merupakan sebuah konsep perusahaan guna mengkoordinasi berbagai macam saluran komunikasi untuk mengirim pesan dengan jelas,

Konsisten dan memberikan keyakinan terhadap konsumen.

Strategi juga disebut sebagai komunikasi pemasaran terpadu bertujuan untuk mempengaruhi target pasar dengan elemen promosi. 

Baca Juga : Sales Marketing: 3 Tugas, Gaji dan Job Description

Strategi Integrated Marketing Communication (IMC)

Integrated Marketing Communications

Komunikasi pemasaran terpadu melibatkan satu individu atau lebih untuk mengirim dan menerima pesan.

IMC bisa dibilang sebagai integrasi dari 5 strategi integrated marketing communication, berikut penjelasannya. 

1. Periklanan 

Iklan merupakan komunikasi yang disponsori dengan menggunakan media massa untuk mempengaruhi masyarakat.

Tim pemasaran harus memikirkan bagaimana audiens memahami dan memberi respon terhadap pesan iklan. 

Salah satu kekurangan konsumen adalah tidak bisa menafsirkan pesan iklan.

Mungkin penyebabnya karena audiens tidak suka dengan iklan sehingga pesan tidak dipahami dengan baik.

Program iklan sengaja dibuat agar masyarakat tahu tentang produk, bersedia mencoba, membeli dan menggunakan hingga repeat order.

2. Promosi Penjualan 

Promosi penjualan bertujuan memotivasi konsumen untuk membeli produk disebabkan adanya penawaran.

Tanpa adanya promosi, konsumen mungkin tertarik tetapi hanya sedikit.

Aktivitas promosi berfungsi mengusulkan nilai tambah produk. 

Promosi yang bagus berhasil menarik banyak konsumen.

Selain itu, adanya promosi membuat konsumen berkesempatan mendapatkan lebih dari apa yang dipikirkan.

Karena itu, tim pemasaran harus melakukan dengan sepenuh hati. 

Baca Juga :  Tujuan Manajemen Pemasaran Dan Konsep

3. Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung berpeluang besar meningkatkan penjualan.

Karena komunikasi terjadi secara tatap muka, pengalaman konsumen saat membeli atau menawar barang tentu berbeda dengan pemasaran digital. 

Target pasar menerima pesan langsung dari penjual. Hubungan dengan pembel pun lebih baik,

Tim pemasaran dapat memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.

Tentunya tim pemasaran harus mengetahui data tentang pelanggan, sehingga terjadi komunikasi terarah. 

4. Event and Experience 

Pemasaran ini dilakukan dengan cara mengikuti promosi pada suatu event seperti seminar, workshop hingga konser musik.

Biasanya brand produk menjadi sponsor acara, selanjutnya produknya dipromosikan secara halus atau soft selling. 

Selain itu, terkadang ada figur yang sengaja ditampilkan sebagai brand ambassador produk.

Tujuannya untuk mengenalkan produk kepada publik dan mendapatkan konsumen baru.

Cara ini sudah banyak sekali dipraktikkan. 

Baca Juga : Marketing Manajemen adalah: Fungsi, Unsur dan Contoh

Contoh Integrated Marketing Communication

Integrated Marketing Communications

Komunikasi pemasaran terpadu salah satunya bisa digunakan dengan media digital.

Jadi pemasaran menggunakan perangkat elektronik seperti gadget.

Terdapat dua contoh integrated marketing communication yaitu: 

1. Pizza Domino’s

Restoran Pizza Domino’s membuat kampanye AnyWhere agar konsumen lebih mudah dan nyaman memesan makanan.

Pelanggan dapat memesan menggunakan jam tangan pintar, via tweet atau televisi pintar.

Ide ini bagus sekali diterapkan sebab semua pelanggan ingin yang mudah. 

Konsumen dapat menggunakan metode pembayaran yang disukai. Menggunakan komunikasi pemasaran terpadu,

konsumen dapat berkunjung ke situs web AnyWhere.Dominos.com.

Menariknya, konsumen diberi kesempatan belajar cara baru untuk pemesanan. Strategi ini berhasil meningkatkan penjualan pizza. 

2. Go Pro 

Go Pro berhasil menguasai penggunaan konten online dalam menarik target audiens.

Bahkan perusahaan mempunyai saluran Youtube untuk mencari berbagai konten video yang dibuat menggunakan kamera mini berkualitas tinggi. 

Juga memposting video pendek di media sosial. Selain itu, Go Pro juga menyediakan konten guna meningkatkan SEO,

konsumen diberi kesempatan memenangkan satu dari setiap produk yang mereka bawa.

Awal promosi memang menggunakan mulut, namun seiring perkembangannya sudah memanfaatkan platform online. 

Baca Juga : Marketing Managers : Pengertian, Tugas dan Gaji

Langkah Strategi Integrated Marketing Communications

Strategi komunikasi pemasaran terpadu membantu meyakinkan konsumen agar lebih cepat melakukan transaksi.

Artinya tim pemasaran dapat menggunakan waktu lebih efisien. Demi terwujudnya hal ini, ada tahap yang harus dilakukan.

Tahap pertama, Anda melakukan analisis situasi, kondisi hingga peluang pasar.

Kedua, menganalisis target pasar dengan peta demografi serta profil psikologi konsumen.

Ketiga, pastikan selama proses komunikasi Anda dapat membangun brand awareness. 

Jangan lupa susun anggaran untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu ini.

Pastikan anggaran yang dimiliki cukup untuk mencapai tujuan pemasaran. 

Boleh juga menerapkan konsep marketing mix untuk memperoleh hasil maksimal.

Jika sudah mendapat hasilnya, lakukan evaluasi agar ke depannya semakin baik. 

Baca Juga : Komunikasi Pemasaran Terpadu: Strategi dan Contoh

Itulah penjelasan tentang integrated marketing communications adalah salah satu strategi pemasaran di bisnisman.id .

Poin diatas penting sekali dipahami sebelum masuk ke dunia bisnis. Karena persaingan bukan hal sepele.