Event Marketing: Pengertian, Inti dan Contoh 2022

Event Marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang dapat digunakan ke semua lini bisnis, Dengan mengadakan even marketing bukan hanya berdampak pada pihak penyelenggara akan tetapi peserta akan mendapatkan sebuah pengalam baru dari event yang ada,

Di era seperti saat ini, tidaklah asing bagi setiap individu untuk memperoleh penghasilan dengan memasarkan produk mereka melalui berbagai strategi.

Salah satunya yang sedang di bahas yakni lewat event sebagai marketing yang mana harus disusun dengan tepat agar memaksimalkan penjualan. 

Event Marketing

Event Marketing

Event marketing adalah contoh model teknik pemasaran yang dilakukan melalui penyelenggaraan sebuah acara.

Dimana para pemilik perusahaan akan mengadakan suatu agenda guna memperkenalkan produk inovatif miliknya kepada khalayak ramai.

Sering dijumpai beragam acara yang diselenggarakan oleh perusahaan tertentu untuk memberitahukan keberadaan produk dengan menciptakan kedekatan antara barang dan konsumen.

Karena mereka mempunyai kesempatan dalam menggunakan kelima panca inderanya guna mengidentifikasi produk.

Baca Juga : Social Marketing: Pengertian, Teori, Tujuan dan Contoh

Inti Event Marketing

Nah, setelah mampu memahami definisi dari event marketing yang saat ini dikenal sebagai salah satu teknik mempromosikan brand dari perusahaan tertentu

Dengan menyusun kegiatan guna mengenalkan produk dalam rangka menarik perhatian orang banyak.

Alangkah baiknya, jika kalian mengetahui inti dari event marketing yang diselenggarakan oleh perusahaan bisnis tertentu.

Yakni, melakukan interaksi langsung di lapangan dengan memanfaatkan produk inovatif terkini guna memperkenalkannya kepada publik.

Selain itu, memberikan kesempatan kepada para calon konsumen untuk mengidentifikasi produknya secara langsung.

Disisi lain, kegiatan pemasaran yang dibuat haruslah menarik dan kreatif agar bisa mendatangkan target kelompok calon pembeli secara efektif.

Baca Juga : Public Relationship Marketing: Pengertian, Contoh dan Tugas

Contoh Event Marketing

Event Marketing

Setiap perusahaan pasti memiliki kebutuhan pemasaran dan anggaran yang berbeda-beda untuk memenuhi keperluan promosi mereka.

Terlebih lagi, teknik memasarkan produk menggunakan metode ini dari segi kebutuhannya tergantung terhadap apa dan siapa, seperti contoh berikut ini.

1. Acara Pameran 

Salah satu kegiatan atau agenda yang dapat diciptakan sebagai pengaplikasian strategi event marketing, yaitu pameran.

Pada dasarnya, acara ini pun bertujuan untuk memperkenalkan produk dari sebuah perusahaan tertentu dengan menunjukkan barang terkini ciptaan perusahaan tersebut.

Kami ambil contoh, acara GIIAS yang diselenggarakan oleh perusahaan Gaikindo secara rutin tiap tahunnya.

Dalam acara ini, pelaku bisnis ini mempromosikan mobil terbaru ciptaan mereka agar dapat menumbuhkan awareness terhadap publik.

2. Mengadakan Event Launching (Peluncuran Sebuah Produk)

Tidak jarang dijumpai berbagai macam perusahaan yang menyelenggarakan event launching untuk memberitahukan beberapa produk inovatif terkini milik mereka.

Walaupun, bukan barang terbaru yang mereka kenalkan. Cukup sering baginya guna memperkenalkan beragam fitur terbaru dari apa yang ditawarkan.

Sebagai contoh, saat salah satu perusahaan smartphone ternama seperti samsung dan apple.

Ketika mereka berhasil menciptakan sebuah produk inovatif terbaru, lalu mengadakan event unpacked

Supaya bisa mengenalkan barang secara efektif disertai dengan pengenalan brand ambassador.

3. Mengadakan Konser Musik

Dalam dunia industri musik, teknik yang paling efektif untuk memperkenalkan album atau single milik seorang penyanyi adalah dengan mengadakan konser musik.

Dari situ, para penggemar dari sang bintang akan membeli tiket konser yang akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Seperti contoh, kami mengambil sampel penyanyi grup berasal dari korea selatan layaknya Stray Kids, NCT, dan sebagainya.

Setiap agensi akan melakukan promosi untuk memasarkan album atau single milik naungannya melalui penyelenggaraan konser.

Baca Juga :

Fungsi Event Marketing

Setelah memahami terkait pengertian hingga contoh penerapan dari teknik ini.

Anda juga perlu mengetahui bahwa event marketing mempunyai fungsi yang cukup penting.

Antara lain, dapat membantu peningkatan demand atau permintaan pelanggan terhadap produk atau jasa.

Selanjutnya, menciptakan komunikasi secara emosional dan personal antara konsumen dan produk agar mereka dapat diterima baik.

Kemudian, memperluas jaringan bisnis antar perusahaan serta investor yang turut aktif dalam pelaksanaan acara. Terakhir, yaitu memperoleh keuntungan.

Demikianlah pemaparan secara lengkap dan jelas mengenai event marketing yang diterapkan oleh beberapa pelaku usaha guna meraup keuntungan.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan beberapa contoh dan penjelasan fungsi agar mempunyai pemahaman lebih mendalam.