Email Marketing: Contoh dan Platform Email Gratis 2022

Email marketing adalah surat elektronik berisi konten atau pesan komersial dikirimkan oleh suatu instansi perusahaan tertentu kepada pelanggan, serta calon pembelinya. Yang mana mencantumkan informasi detail terkait produk barang maupun jasa, promosi, hingga event yang sedang berlangsung. 

Sehingga dengan cara ini dapat memberikan pengenalan produk atau jasa yang sedang dipasarkan ,

biasanya kebanyakan pengguna email marketing yang berkaitan dengan dunia digital misalnya iklan tokopedia, shopee atau bahkan iklan berbasis cloud.

Contoh Email Marketing

Email marketing

Nah, setelah memahami pengertian email marketing dengan baik. Kali ini kami akan menyediakan beberapa contoh email marketing

yang sering kali dikirimkan oleh suatu instansi perusahaan dari brand tertentu kepada pelanggan atau calon pembeli mereka. 

Sebagai contoh, ketika seseorang yang hendak bepergian jauh dan mereka terbiasa menggunakan pesawat sebagai alat transportasinya.

Sedangkan, di masa pandemi seperti saat ini tidak cukup sering ditemukan beberapa penerbangan yang dapat beroperasi sebab ada kebijakan dari pemerintah.

Oleh sebab itu, perusahaan yang bergerak di bidang ini mengirimkan email kepada pelanggannya yang berisi beberapa paragraf persuasi

untuk meyakinkan konsumen agar menggunakan jasa mereka sebagai solusi dari pembatasan penerbangan yang disebabkan kebijakan ppkm.

Baca Juga : Green Marketing: Pengertian dan Contoh Produk

Contoh Ide Konten Email Marketing yang Menarik

Sebenarnya, pembuatan konten email marketing yang menarik bukanlah hal susah bagi para profesional.

Namun, untuk pemula dalam dunia pemasaran, membuatnya bisa terbilang sulit.

Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini akan menjabarkan beberapa contoh email marketing yang menarik.

1. Email Sapaan Selamat Datang Bagi Pelanggan

Email sapaan selamat datang semacam ini biasanya dikirimkan oleh instansi perusahaan di bidang jasa

kepada pelanggannya atau mereka yang mendaftarkan dirinya ke opt-in dengan memberikan salam dan ucapan terima kasih sebagai bentuk rasa syukur karena pelayanannya dipercaya publik. 

Selain dari salam dan ucapan terima kasih, para pelaku usaha juga bisa memberikan deskripsi singkat mengenai informasi detail bisnis

serta produk barang atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan sesuai dengan apa yang tersedia di website perusahaannya. 

2. Email yang Berisi Pengumuman Terkait Promosi, dan Sebagainya

Setiap karyawan yang bekerja sebagai email marketer mempunyai kewajiban untuk selalu memperbarui informasi mengenai produk atau layanan jasa perusahaan mereka.

Tidak hanya itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan pengumuman kepada konsumennya.

Pengumuman yang dimaksud bisa berupa promosi terbaru, beragam fitur baru, bahkan produk buatannya yang paling terkini.

Pengiriman email seperti ini bisa dilakukan dengan rentang waktu cukup lama agar menarik perhatian pelanggan nya akan sesuatu yang inovatif.

Baca Juga : Marketing Officer: Jobs Desk, Gaji dan Tugas

3. Email Pemberitahuan Event Giveaway 

Siapa sih yang tidak suka hadiah atau barang gratisan? Tak ada, hampir setiap individu pun menyukai sesuatu yang gratis.

Semua orang akan bersemangat demi mendapatkan sebuah hadiah tanpa memungut biaya apapun.

Salah satu contohnya yaitu mengadakan event giveaway yang berpotensi menjadi viral di kalangan manapun.

Hal ini bisa digunakan oleh berbagai perusahaan sebagai peluang untuk menarik konsumen dengan mengirimkan pemberitahuan acara ini melalui email.

Contoh Email Marketing Untuk Promosi Produk

Email marketing

Selain ide konten yang menarik, ada beberapa contoh email marketing yang berisi promosi produk atau penawaran dalam berbagai bentuk. Contoh pertama yaitu canva.

Sering kali tim mereka mengirimkan email guna mempromosikan adanya layout baru yang bisa mereka coba sendiri melalui aplikasi tersebut. 

Selanjutnya, yakni dropbox. Email yang dikirimkan oleh perusahaan ini mampu menarik calon konsumen untuk menggunakan produk mereka karena menyajikan pesan persuasif yang terkesan lucu.

Sehingga calon pembelinya tertarik mencoba barang atau jasa tawaran bisnis brand ini.

Baca Juga :

Contoh Email Marketing Platform Gratis

Dalam melakukan pemasaran, tentu saja terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh setiap pelaku usaha.

Begitu pula ketika mereka mencoba untuk membuat email marketing agar terlihat menarik.

Nah, untuk permasalahan seperti ini tentu saja ada solusinya. Penyelesaiannya ialah penggunaan platform email marketing.

Saat ini ada berbagai platform yang bisa digunakan secara gratis, antara lain Mailchimp, Sendinblue, Sender, Omnisend, serta MailerLite.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan mengenai email marketing yang sering digunakan untuk membujuk konsumen serta calon pembeli agar menggunakan produk dari perusahaannya dengan menggunakan teknik pemasaran pengiriman surel.