Digital Marketing: Pengertian, Jenis dan Strategi Terbaru 2024

Digital Marketing

Digital marketing semakin populer di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Penerapan pemasaran digital bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Karena itu, banyak sekali media digital dimanfaatkan oleh perusahaan.

Dalam proses digital marketing memanfaatkan media-media online yang sedang populer saat ini ,

Misalnya facebook, instagram, tiktok, youtube dan masih banyak media lainnya yang dapat dijadikan rujukan untuk proses marketing.

Apa Itu Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pemasaran produk atau jasa menggunakan media digital.

Salah satu contohnya promosi menggunakan website. Pemasaran digital menawarkan sejumlah kelebihan

Diantaranya kecepatan penyebaran, kemudahan evaluasi, murah dan efektif serta jangkauan lebih luas.

Proses pemasaran melalui media digital bisa dilakukan dengan mudah dan cepat,

Bahkan selesai dalam hitungan detik. Hasil dari kegiatan pemasaran bisa langsung diketahui.

Hal ini karena media digital menyediakan fitur-fitur terbaik untuk kemajuan bisnis Anda. 

Jangkauan geografis media digital lebih luas. Sebab tidak dibatasi oleh lokasi, dapat dengan mudah terhubung ke berbagai negara.

Artinya, produk dan jasa yang ditawarkan lebih banyak orang melihatnya. Bukan hanya satu daerah, namun ribuan daerah lain.

Baca Juga : Marketing: Pengertian, 3 Contoh Dan Cara Kerja

Jenis Digital Marketing

Berbicara tentang pemasaran digital, terus mengalami perkembangan.

Sekarang ini bukan website saja yang dimanfaatkan, namun masih ada media lainnya.

Pebisnis tidak boleh awam teknologi agar mampu bersaing dengan pebisnis lain.

Lebih lengkapnya pemasaran digital dibagi atas 6 jenis digital marketing yaitu: 

1. Website 

Website merupakan salah satu platform dapat Anda buka melalui komputer dan laptop.

Promosi produk atau jasa di website biasanya menggunakan teknik SEO dan SMO.

Akses website sangat mudah jika terhubung ke jaringan internet. 

Menampilkan produk atau jasa di website memberikan jangka waktu promosi selama 24 jam.

Produk lebih mudah dikenal oleh pengguna internet.

Jangkauan audiens tidak terbatas sehingga lebih besar peluang mendapatkan konsumen. 

Baca Juga: Marketing Mix: Pengertian, Contoh dan Konsep 7P, 4P

2. Sosial Media Marketing 

Sosial media marketing merupakan cara promosi menggunakan sosial media seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Youtube dan Twitter.

Selain karena murah, gratis dan mudah, jangkauan target konsumen lebih luas. 

Sekarang ini pengguna internet sudah jutaan bahkan triliunan dari berbagai negara.

Saat mempromosikan produk, maka yang melihatnya juga bukan warga Indonesia saja.

Jangan lupa berikan deskripsi menarik tentang produk tersebut. 

3. Email Marketing

Email marketing membuat promosi produk lebih efektif dan efisien.

Pebisnis dapat membangun hubungan dengan klien serta menciptakan reputasi brand untuk lebih terkenal.

Banyak fitur disediakan bisa digunakan sesuai kebutuhan. 

Fitur newsletter memungkinkan pebisnis berbagi konten menarik tentang produk.

Email akuisisi berfungsi menargetkan calon pelanggan yang belum melakukan transaksi.

Retention email memudahkan Anda menjaga komunikasi dengan pelanggan sambil terus mengiklankan produk. 

4. Affiliate Marketing 

Affiliate Marketing merupakan teknik pemasaran produk dengan membayar jasa penjual saat berhasil menjual produk.

Biasanya cara ini dilakukan oleh perusahaan, seseorang yang menjual produk atau bergabung afiliasi harus melakukan registrasi akun terlebih dulu. 

Affiliate marketing memiliki kelebihan diantaranya modal kecil tetapi peluang mendapatkan konsumen lebih besar.

Sejauh ini, memilih strategi ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Sebab komisi diberikan untuk penjual hanya jika berhasil menjual produk. 

5. Video Marketing 

Video marketing artinya memasarkan produk melalui media berbentuk video.

Pebisnis dituntut kreatif dan inovatif dalam membuat video.

Karena jika cenderung sama dengan pesaing, konsumen bisa saja beralih membeli di tempat lain. 

Banyak model tayangan video bisa Anda buat.

Salah satunya video demo yaitu memberikan informasi kepada konsumen bagaimana cara menggunakan produk.

Video edukasi memberikan edukasi dengan menyelipkan penggunaan produk. 

Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Strategi digital marketing adalah cara atau rancangan langkah memasarkan suatu produk.

Cara pemasaran menggunakan media digital sangat mudah dilakukan.

Maka dari itu, pebisnis harus merencanakan menggunakan jenis yang mana. 

Hampir semua produk dan jasa bisa di promosi melalui media digital.

Misalnya, perusahaan penerbitan dapat menggunakan media sosial atau video marketing.

Membuat review buku dan hal menarik tentang buku tersebut untuk meningkatkan rasa penasaran target pembaca.

Biasanya orang akan membeli novel karena penasaran isinya. 

Selain itu, jika bisnis di bidang alat-alat dapur seperti dispenser, rice cooker.

Inovasikan dengan bentuk unik, menarik dan fitur terbaru. Buat video cara menggunakan dan keunggulannya.

Konsumen menonton video selanjutnya tertarik untuk membeli. 

Inilah pengertian tentang digital marketing, jenis dan strateginya menurut binisman untuk mendongkrak penjualan sebuah produk atau proses branding.

Pastikan Anda sebagai pebisnis mau belajar teknologi atau media digital tersebut. Tanpa dipelajari, tentu tidak bisa memanfaatkannya dalam pemasaran.