7 Cara Promosi di Media Sosial Yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Penjualan dan Popularitas

cara promosi di media sosial

Inilah beberapa cara promosi di media sosial yang sudah terbukti ampuh mampu meningkatkan penjualan, dan bisa mendongkrak popularitas. Perlu diketahui, promosi di media sosial adalah salah satu cara memulai bisnis online dari nol yang sebelumnya saya tulis. .

Karena di jaman sekarang, hampir semua orang di dunia, khususnya anak muda pasti sudah memiliki akun media sosial, bahkan kebanyakan dari mereka juga sudah memiliki lebih dari satu akun media sosial.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan lebih detail lagi bagaimana cara promosi di media sosial. Dan cara ini terbukti ampuh bisa meningkatkan penjualan dan mendongkrak popularitas. Berikut ulasannya.

#1. Mengadakan Kontes/Kuis

Membuat kontes atau kuis adalah salah satu cara promosi di media sosial yang dianggap paling ampuh, alasannya:

  • Bisa mendapatkan impresi tinggi dari target (karena hampir semua orang suka hadiah, dan kontes atau kuis menjanjikan hadiah).
  • Keterlibatan calon konsumen menjadi tinggi (karena mereka tertarik dengan hadiah dari kontes atau kuis yang kita buat tersebut). 

Ada satu  hal yang perlu diingat ketika membuat sebuah kontes atau kuis yang tujuannya untuk meningkatkan impresi dan keterlibatan konsumen, yaitu:

  • Harus berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual.
  • Persyaratan dan ketentuan sebuah kontes atau kuis jangan terlalu rumit, yang membuat orang enggan mengikutinya.

Misalnya, produk yang ingin dipromosikan adalah sebuah buku, maka buatlah kontes atau kuis yang berhubungan dengan buku. Tujuannya adalah agar calon konsumen tahu mendalam tentang produk tersebut.

#2. Berbagi Pengetahuan

Cara promosi di media sosial berikutnya yaitu berbagi pengetahuan atau informasi-informasi yang masih berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketertarikan orang terhadap produk atau jasa kita.

Misalnya, produk yang ingin dipromosikan adalah sebuah produk makanan, maka informasi yang bagus dibagikan di sosial media adalah hal-hal yang berhubungan dengan makanan seperti nilai gizi, kandungan protein yang bermamfaat, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, calon konsumen akan tertarik mencoba produk makanan yang kita tawarkan tersebut. Intinya, berbagilah informasi-informasi yang bisa mengundang interaksi dengan calon konsumen kita.

#3. Mengunakan Jasa Buzzer/Influencer/Endorser

Berikutnya yaitu mengunakan jasa para buzzer, influencer, endorser di akun-akun sosial media yang sudah mempunyai banyak follower/pengikut sebagai media untuk menyebarkan informasi tentang produk atau jasa kita.

Tips memilih jasa buzzer, influencer, endorser:

  • Pilih akun yang mempunyai banyak follower/pengikut (semakin banyak semakin bagus).
  • Pilih akun yang niche-nya masih berhubungan dengan produk atau jasa kita.
  • Perhatikan tingkat engagement seperti suka/like, komentar, dan lain sebagainya (semakin tinggi semakin bagus).

Prinsip dasarnya yaitu kita membayar para buzzer, influencer, endorser untuk mempromosikan produk atau jasa kita di akun media sosialnya, dengan harapan para follower/pengikut yang banyak tersebut menjadi calon konsumen kita.

#4. Beriklan

Beriklan di media sosial seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya memang cara paling ampuh untuk meningkatkan penjualan dan mendongkrak popularitas. Hanya saja, cara ini membutuhkan modal yang cukup besar.

Selain itu, layanan iklan di beberapa media sosial itu masih memiliki kendala untuk sebagian orang, khususnya untuk masalah pengaturannya, seperti menentukan audience, cara pembayaran, dan lain sebagainya.

Untuk yang ingin memasang iklan di media sosial tapi masih mengalami kendala dengan pengaturan layanan iklannya, maka Poomuda.com menganjurkan untuk mengunakan jasa pasang iklan di media sosial.

#5. Bergabung Dengan Komunitas

Media sosial adalah salah satu tempat berkumpulnya banyak orang di internet, makanya tidak jarang orang-orang yang memiliki minat atau hobi yang sama membentuk sebuah komunitas atau grup di media sosial.

Nah, adanya sebuah komunitas atau grup di media sosial tersebut menjadi salah satu sasaran paling empuk bagi para pebisnis. Karena, mereka bisa melakukan berbagai promosi menarik secara tertarget, maksimal, dan gratis.

Tugasmu hanya bergabung dengan komunitas atau grup yang masih berhubungan dengan produk atau jasamu. Kemudian melakukan promosi di komunitas atau grup tersebut, tapi promosi yang dilakukan harus secara soft selling, agar para anggota komunitas atau grup selalu nyaman denganmu.

#6. Mengunakan Status/Tweet

Cara promosi di media sosial selanjutnya yaitu mengunakan postingan, status, atau tweet. Cara promosi seperti ini memang dianggap paling sederhana dan tidak berkelas, tapi kalau dikemas secara kreatif, jangkauan pasti luas sekali.

Promosi di media sosial dengan mengunakan postingan, status, atau tweet ini perlu diatur sedemikian rupa, seperti dijadwalkan pada jam-jam tertentu, berapa jumlah postingan, status, atau tweet dalam satu hari, dan sebagainya.

Tujuannya adalah agar orang-orang yang melihat promosi tersebut tidak merasa terganggu. Intinya, buatlah promosi yang menyenangkan, kalau bisa menghibur orang lain, semakin banyak yang suka semakin bagus.

#7. Hal-Hal Yang Dilarang Dilakukan Dalam Promosi di Media Sosial

Yang perlu dipahami dalam promosi di media sosial itu lewat penyebaran konten, baik konten berupa informasi, promosi, berbagi pengetahuan, dan lainnya. Oleh karena itu, buatlah konten yang kreatif, menghibur, dan menyenangkan.

Tapi sebelum melakukan cara promosi di media sosial seperti yang disebutkan diatas, perlu diingat bahwa ada beberapa hal yang haram (tidak boleh/dilarang) dilakukan dalam promosi di media sosial, di antaranya adalah:

Jangan Mengunci Akun Media Sosial

Beberapa media sosial seperti instagram, kita bisa mengatur akun kita terkunci. Jadi, apabila orang ingin melihat postingan-postingan kita di instagram, mereka terlebih dulu harus mengikuti (follow) akun kita.

Mengunci akun media sosial memang tidak merugikan siapapun, kebanyakan orang yang mengunci akun media sosial, agar orang lain mau mengikuti (follow) akunnya terlebih dulu, sebelum melihat postingannya.

Hanya saja, cara ini kurang efektif jika diterapkan kepada akun media sosial khusus untuk bisnis. Sebab, orang yang baru saja mengetahui akun tersebut, karena penasaran dengan produk atau jasamu, tidak bisa stalking dan akhirnya mencari toko online lain.

Jangan Memberi Tag Secara Massal

Ketika memposting sebuah promosi di media sosial seperti facebook, kita bisa melakukan tag ke banyak akun lain sekaligus, tapi memberi tag secara massal ke akun-akun yang tidak ada hubungan dengan promosimu, maka postingan tersebut bisa saja dianggap spam.

Karena tidak semua orang suka mendapatkan notifikasi sembarangan di media sosial. Untuk itulah, bijaksanalah dalam memberikan tag disetiap postingan promosimu.

Jangan Berkomentar Spam di Akun Orang Lain

Berkomentar spam di akun media sosial orang lain adalah cara promosi di media sosial yang sangat tidak etis sekali, karena sifatnya sangat menganggu. Ada baiknya hindari cara ini untuk membangun reputasi bisnismu.

Jangan Terlalu Banyak Membuat Postingan Dalam Sehari

Kamu bebas memposting produk apa saja di akun media sosialmu. Tapi perlu diingat, setiap postingan, status, atau tweet, akan muncul di timeline (halaman beranda) para pengikut akun media sosialmu.

Jika kamu memposting banyak konten dalam waktu yang berdekatannya, semakin lama para pengikut/follower akun media sosialmu akan merasa risih. Untuk itulah, jadwallah postingan dengan baik.

Jangan Follow - Unfollow

Follow kemudian di Unfollow adalah salah satu cara menambah jumlah follower/pengikut di media sosial yang cukup banyak dipakai orang. Hanya saja, cara ini tidak bagus diterapkan ke akun sosial media untuk bisnis, karena cara ini meninggalkan kesan yang kurang baik.

Jangan Mengunakan Auto - Like/Follow/Komentar

Banyak akun online shop yang mengunakan auto like/follow/komentar untuk mengelabui orang lain. Tapi perlu diingat, penguna media sosial saat ini, sudah banyak yang pintar membedakan like/follow/komentar palsu. Jadi, lebih baik fokus membuat konten yang bagus saja.

Jangan Memposting Konten Yang Selalu Berhubungan Dengan Produk atau Jasa Saja

Logikanya begini, para pengikut/follower akun media sosialmu tidak mungkin membeli produk atau jasamu setiap hari. Jadi, jika kamu hanya memposting konten yang selalu berhubungan dengan produk atau jasamu saja setiap hari, maka mereka pasti bosan.

Untuk itu, kamu dituntut berkreasi membuat konten yang menarik, dan sekali-sekali memposting konten-konten yang memberikan informasi, atau konten-konten yang sifatnya menghibur, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa cara promosi di media sosial yang terbukti ampuh mampu meningkatkan penjualan dan mendongkrak popularitas. Semoga artikel ini bermamfaat, dan jangan lupa bagikan/share artikel ini ya.

0 Response to "7 Cara Promosi di Media Sosial Yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Penjualan dan Popularitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel