-->

13 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses (Dijamin 100% Berhasil)

cara memulai bisnis online dari nol

Inilah cara memulai bisnis online dari nol hingga sukses. Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang ini teknologi internet sudah sangat canggih, sehingga kesempatan berbisnis secara online semakin terbuka luas.

Bahkan ada beberapa jenis bisnis online yang bisa dimulai dengan modal kecil. Hanya saja, tidak sedikit orang yang gagal dalam membangun bisnis onlinenya.

Hal itu terjadi karena kebanyakan dari mereka belum memahami dengan baik bagaimana cara memulai bisnis online dari nol. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis online dari nol hingga sukses? Berikut ulasannya

#1. Melakukan Penelitian Pasar

Prinsip dasar sebuah bisnis adalah memberikan solusi terhadap masalah yang ada di lapangan. Maka, menjadi sia-sia jika membuat sebuah bisnis, yang orientasi produk atau jasanya memiliki permintaan yang kecil, atau mungkin tidak ada sama sekali.

Itulah sebabnya, apapun jenis bisnis yang ingin dibangun, penelitian pasar sangat penting dilakukan sebelum bisnis itu dimulai. Misalnya, kamu ingin membangun sebuah media online, maka kamu wajib mengetahui jenis media online seperti apa yang diinginkan banyak orang.

Kalau kamu kesulitan untuk melakukan penelitian pasar, kamu bisa berkonsultasi, bertanya, atau minta pendapat kepada orang lain, seperti keluarga, kerabat, istri, suami, pacar, teman, kenalan, dan lain sebagainya.

Intinya, semakin detail kamu melakukan penelitian pasar, maka semakin bijaksana kamu dalam mengambil keputusan, apakah bisnis online yang ingin kamu bangun tersebut tetap dilanjutkan atau tidak dilanjutkan?.

#2. Sarana dan Prasarana

Ada beberapa pemula yang beranggapan bahwa bisnis online itu bisa dimulai tanpa modal sama sekali. Tapi faktanya, ketika memulai bisnis online dari nol pasti memerlukan beberapa sarana dan prasarana.

Memang ada beberapa jenis bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal kecil, tapi tetap saja membutuhkan beberapa sarana dan prasarana seperti perangkat komputer atau laptop, koneksi internet, dan handphone.

Namun, apabila sekarang situasinya tidak memungkinkanmu memiliki beberapa sarana dan prasarana seperti komputer atau laptop, dan koneksi internet tersebut. Kamu bisa memamfaatkan warung internet (warnet).

#3. Pengetahuan Yang Memadai

Cara memulai bisnis online dari nol berikutnya, yaitu harus memiliki pengetahuan yang memadai, khususnya tentang komputer dan internet. Karena, peluang keberhasilan sebuah bisnis online itu berbanding lurus dengan pengetahuanmu tentang komputer dan internet tersebut.

Selain itu, kamu juga membutuhkan pengetahuan lain yang berhubungan dengan jenis bisnis online yang ingin dijalankan. Misalnya, kamu ingin jualan online, maka kamu perlu belajar cara membuat toko online, cara buat akun di situs-situs marketplace, cara promosi di media sosial, dan sebagainya.

Dan pengetahuan tersebut tentunya tidak bisa dimiliki dalam waktu singkat, ada proses yang mesti dilewati, dari tidak paham sama sekali, hingga akhirnya mengerti masing-masing ilmu yang diperlukan.

Kesimpulannya, belajar langsung kepada orang yang mempunyai pengalaman di bidang bisnis online akan jauh lebih baik dibandingkan belajar secara otodidak (sendiri). Alasannya, kita bisa lebih fokus ke bisnis online, sekaligus bisa belajar langsung bagaimana cara memulai bisnis online dari nol.

Selain itu, belajar bisnis online secara otodidak, akan membuatmu banyak menghabiskan waktu hanya untuk trial dan error, dan kemungkinan mencapai target penjualan produk atau jasamu akan menjadi lebih lama.

#4. Menentukan Produk atau Jasa Yang Dijual

Setelah melakukan penelitian pasar, memiliki sarana dan prasarana pendukung, dan sudah mempunyai pengetahuan yang memadai, maka saatnya menentukan produk atau jasa yang akan dijual.

Perlu diingat, persaingan dalam menjual produk atau jasa secara online itu tidak mudah, karena pasti banyak orang yang memiliki pemikiran sama denganmu. Jadi, pikirkanlah nilai lebih produk atau jasa yang akan dijual.

Sebagai pertimbangan, kamu bisa memilih dua jenis produk atau jasa, yang pertama yaitu produk atau jasa yang sedang tren, dan yang kedua adalah produk atau jasa yang bersifat selalu dibutuhkan orang banyak.

Kesimpulannya, selama produk atau jasa tersebut ada yang membutuhkan, dan harga yang ditawarkan cukup bersaing dipasaran, maka produk atau jasamu tersebut pasti memiliki pembeli kedepannya.

#5. Fokus Pada Satu Jenis Bisnis Online

Tidak fokus adalah salah satu penyebab kehancuran hampir semua jenis bisnis, termasuk juga dalam bisnis online. Dalam banyak kasus, banyak pemula yang sering berganti-ganti jenis bisnis online yang digelutinya.

Ada beberapa alasan pemula sampai bisa kehilangan fokus, seperti menganggap jenis bisnis yang sedang dijalankannya kurang menguntungkan, tergiur dengan jenis bisnis online lain yang cepat menghasilkan uang, dan sebagainya.

Tanpa mereka sadari bahwa sering berganti-ganti jenis bisnis online itu memakan banyak waktu, sehingga pada akhirnya, tidak ada satupun bisnis online yang dijalankannya berhasil dengan kesuksesan.

Apabila hal ini nantinya terjadi kepadamu atau mungkin sedang terjadi kepadamu saat ini, ingatlah bahwa hampir semua pebisnis yang sukses itu fokus kepada satu jenis bisnis. Ketika satu jenis bisnis sudah sukses, barulah mereka mencoba jenis bisnis lainnya.

#6. Memilih Sistem Penjualan

Sangat beruntung kita yang hidup di jaman digital seperti sekarang ini, karena di jaman sekarang, kita sangat dimudahkan dengan adanya internet, termasuk untuk mendapatkan produk murah yang bisa dijual kembali dengan harga yang masih kompetitif.

Salah satu sistem penjualan yang saat ini banyak digunakan oleh pebisnis online ketika memulai bisnis onlinenya adalah dropshiper. Dengan sistem dropshiper, kita tidak perlu menyimpan stok barang yang akan dijual, karena suplier (penjual utama) yang menyediakannya.

Kita hanya mencari pembeli saja, dan untuk urusan pengiriman barang diurus langsung oleh distributor. Tapi, kita harus pandai dalam memilih dropshiper yang berkualitas baik, karena nantinya segala keluhan dan komplain akan ditujukan langsung kepadamu.

#7. Membangun Website

Membangun website untuk bisnis online adalah salah satu cara memulai bisnis online dari nol, apabila kamu memilih untuk melakukan stok barang sendiri, dan pengiriman barang dilakukan oleh kamu sendiri.

Disamping itu, bisnis online yang memiliki website sendiri itu bisa menjaga dan meningkatkan kredibilitas-mu sebagai penjual di mata pembeli.

Website untuk bisnis online harus dibangun sebagai pusat aktivitas bisnis onlinemu. Dengan demikian, calon pembeli akan langsung disajikan banyak pilihan produk yang dijual, informasi detail tentang produk yang diinginkannya, dan cara pembayarannya.

Untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli, sebuah website bisnis online juga wajib mencantum beberapa kontak yang bisa langsung dihubungi oleh calon pembeli seperti alamat email, nomor handphone, dan chat.

#8. Promosi di Media Sosial

Setelah memiliki produk atau jasa yang siap dijual, kini saatnya mempromosikannya. Karena sebagus apapun kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, akan menjadi percuma saja, jika tidak ada yang mengetahuinya.

Salah satu tempat promosi paling murah tapi efektif, yaitu mengunakan sosial media seperti facebook, twitter, instagram, bbm, line, dan lain sebagainya. Buatlah akun sosial media dengan nama toko online atau nama website.

Kalau kamu memiliki banyak modal, kamu bisa mengunakan program periklanan milik media sosial tersebut, untuk mengiklankan produk atau jasamu. Untuk hal ini, kamu wajib berkonsultasi kepada ahlinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kalau mau yang lebih murah lagi, kamu bisa mengunakan jasa buzzer, influencer, endorser yaitu untuk mempromosikan produk atau jasamu di akun-akun media sosial yang sudah mempunyai banyak pengikut/follower.

#9. Pasarkan Juga di Situs Marketplace

Selain di media sosial, kamu juga bisa memamfaatkan beberapa situs marketplace, yang sudah memiliki pembeli sendiri seperti bukalapak, tokopedia, shopee, dan lainnya, untuk memasarkan produkmu.

Keberadaan beberapa situs marketplace tersebut memang sangat membantu para pebisnis online dalam menemukan pembeli. Selain itu, situs marketplace juga bisa dimamfaatkan untuk mengenalkan toko onlinemu.

Dalam bisnis online, fungsi situs-situs marketplace tersebut tidak jauh berbeda dengan sosial media, yaitu untuk mempromosikan produkmu tanpa harus keluar uang banyak. Kemudian, para pembeli mengenal toko onlinemu.

#10. Bangun Reputasi Baik di Internet

Berikutnya yaitu membangun reputasi baik di internet. Hal ini adalah sesuatu yang memang wajib dilakukan oleh para pebisnis untuk kelangsungan bisnisnya.

Walaupun kebanyakan bisnis online itu tidak berwujud secara fisik. Tapi faktanya, hanya bisnis online yang berreputasi baik saja yang bisa bertahan. Makanya, reputasi bisnis online itu wajib dibangun mulai ketika pertama kali membuka bisnis online tersebut.

Jadi, jika kamu ingin memiliki sebuah bisnis online berjangka panjang, maka jangan pernah lakukan hal-hal yang bisa membuat kecewa para konsumen terhadap bisnis onlinemu, baik dalam pelayanan maupun dari sisi produk atau jasanya.

#11. Jika Dibutuhkan, Gunakan Jasa Asisten

Mengunakan jasa asisten adalah salah satu cara untuk meningkatkan reputasi bisnis online. Sebab, dengan adanya seorang asisten, maka semua pelayanan yang bersifat human akan tercover dengan baik.

Biasanya, jasa asisten sangat dibutuhkan apabila bisnis online sudah berjalan dengan baik, dan memiliki banyak konsumen setiap hari. Seorang asisten bisa membantumu dalam promosi, menerima order, mengepak barang, menerima keluhan, dan lain sebagainya.

Mencari asisten untuk bisnis online itu bisa dimulai dari orang terdekat dulu, seperti suami, istri, pacar, saudara, teman, yang memang memiliki waktu lebih untuk membantumu menjalankan bisnis onlinemu.

#12. Buat Rekening Khusus Bisnis Online

Cara memulai bisnis online dari nol hingga sukses selanjutnya yaitu membuat rekening khusus untuk bisnis online. Sebab, kebanyakan orang yang mencampuradukan pendapatannya dalam satu rekening, justru membuat bisnisnya sulit maju.

Oleh karena itu, ketika memulai sebuah bisnis online, ada baiknya sudah langsung membuat rekening khusus untuk bisnis online tersebut. Atau kalau tidak, siap-siap kamu dibuat pusing setiap bulannya disaat menghitung neraca pendapatan.

Intinya, rekening khusus bisnis online ini agar memudahkanmu menghitung neraca pendapatan setiap bulannya, sekaligus untuk mengukur sudah sejauh mana penghasilan yang didapatkan oleh bisnis onlinemu tersebut.

#13. Disiplin

Cara memulai bisnis online dari nol hingga sukses yang wajib dilakukan oleh semua pebisnis, yaitu disiplin. Sebab, pengalaman kebanyakan orang sukses hanya diraih oleh orang yang selalu disiplin, baik disiplin belajar maupun disiplin praktek.

Kelemahan kebanyakan para pemula dalam membangun sebuah bisnis, yaitu suka menunda-nunda pekerjaan, atau sering bekerja secara tidak maksimal, dan akhirnya bisnis yang dijalankannya berakhir dengan kegagalan.

Jika suatu hari nanti hal ini terjadi padamu, atau mungkin saat ini sedang terjadi kepadamu, maka kamu harus meneguhkan niat untuk berkomitmen tidak bermalas-malasan, atau kalau tidak, siap-siap bisnis-mu akan gulung tikar.

Nah, itulah cara memulai bisnis online dari nol hingga sukses. Perlu diingat, membangun sebuah bisnis itu memerlukan kerja keras dan kerja cerdas, tidak ada yang instan. Semoga artikel ini bermamfaat dan jangan lupa bagikan/share ya. Terima kasih!!

Belum ada Komentar untuk "13 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses (Dijamin 100% Berhasil)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel