-->

9 Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga (Cocok Untuk Dijadikan Bisnis Sampingan)

Inilah beberapa usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga yang cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan. Memang, wanita yang sudah menjadi ibu rumah tangga tidak terlalu banyak memiliki waktu luang.

Tapi, walaupun sudah berstatus sebagai ibu rumah tangga, seorang wanita masih bisa memamfaatkan sedikit waktu luangnya tersebut untuk membantu keungan keluarga dengan menjalankan bisnis atau usaha rumahan.

Ada beberapa peluang bisnis atau usaha rumahan modal kecil yang cocok di jalankan oleh ibu rumah tangga. Lantas, apa saja usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga tersebut? Berikut ulasannya.

#1. Menjadi Penulis Online

usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga

Usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga yang pertama yaitu menjadi seorang penulis online. Usaha ini bisa dilakukan jika kamu mempunyai kemampuan baik dalam menulis, memiliki sebuah laptop atau PC, dan koneksi internet.

Kamu bisa memulainya secara freelance dengan memamfaatkan beberapa website seperti Project.co.id, Sribulancer.com, freelancer.co.id, dan lainnya, untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penulis online.

Selain itu, di jaman sekarang ada banyak media online seperti situs marketplace, situs berita, dan forum online, yang membutuhkan seorang penulis online. Dan kamu bisa melamar sebagai penulis online di media online tersebut.

Atau bisa juga membangun blog sendiri. Sebagai pemulaan, mulailah dengan blog gratisan dulu seperti blogger.com (blogspot). Jika ingin terlihat lebih profesional, kamu bisa menganti alamat domiannya menjadi Top Level Domain, yang bisa didapat dengan harga sekitar Rp 150.000/tahun.

Sebuah blog dengan trafik (pengunjung) banyak, sangat mudah sekali mendapatkan uang. Misalnya bergabung dengan Google Adsense sebagai publiser, menjual space iklan, content placement, atau menjual produk sendiri.

#2. Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis atau usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga berikutnya yaitu berjualan pulsa. Cukup bermodalkan sebuah handphone dan desposte uang sekitar Rp 50.000 - Rp 100.000, kamu sudah bisa langsung berjualan pulsa.

Bisnis ini termasuk salah satu bisnis yang laku setiap hari. Karena, seperti yang sudah kita ketahui sekarang ini, hampir semua orang sudah mempunyai handphone, dan mereka pasti membutuhkan pulsa setiap hari.

Cara memulai bisnis jualan pulsa ini, kamu bisa mendaftarkan diri kepada agen-agen penjual pulsa yang ada di daerahmu, atau bisa juga langsung mendaftar menjadi anggota (member) di dealer pulsa di internet.

Pembayaran untuk isi saldo biasanya mengunakan transfer bank, atau mengunakan Paypal, dan keuntungan yang didapat biasanya, sekitar Rp 1.000 - Rp 2.000/transaksi. Untuk memulai bisnis ini, Bisnisman.ID menganjurkan kamu untuk membaca beberapa tips berjualan pulsa untuk pemula.

#3. Usaha Pembuatan Kue

usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga

Usaha pembuatan kue adalah salah satu usaha rumahan modal kecil, yang sangat cocok dijalankan oleh para ibu rumah tangga, khususnya untuk ibu rumah tangga, yang memang hobi, dan jago membuat kue.

Ada banyak jenis kue yang pasti laku kalau dijual, salah satunya adalah kue-kue yang disukai anak kecil, dan kamu bisa memasarkannya dengan cara titip dan bagi hasil dengan kantin-kantin di sekolah.

Atau bisa juga memasarkan kue buatanmu tersebut ke supermarket, atau warung-warung yang ada di sekitar tempat tinggalmu.

#4. Bisnis Kerajinan Tangan

usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga

Jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga, yang senang merajut, hobi merangkai bunga, atau membuat kerajinan tangan lainnya, maka kamu bisa memamfaatkan hobimu tersebut untuk menghasilkan uang.

Untuk pemasarannya, kamu bisa memamfaatkan jaringan internet, seperti sosial media (facebook, twitter, instagram, line, bbm, dan lainnya), dan situs-situs marketplace (bukalapak, tokopedia, dan lainnya).

Selain itu, jika kamu mampu mencari peluang, maka ada kemungkinan bisnis kerajinan tangan yang awalnya hanya bisnis rumahan, bisa menjelma jadi bisnis kerajinan tangan berskala besar. Kuncinya adalah keunikan dan kualitasnya.

#5. Bisnis Pembuatan Bumbu Kemasan

usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga

Bumbu masakan adalah salah satu hal yang tidak asing lagi bagi kaum wanita, makanya membuat bumbu siap pakai bisa menjadi salah satu peluang bisnis atau usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga yang bagus.

Misalnya membuat bumbu pedas siap pakai, yang bisa disimpan dalam rentang waktu lebih lama. Bumbu pedas kemasan ini sangat cocok di jual di Indonesia, karena citarasa masakan Indonesia banyak mengunakan bumbu pedas.

#6. Bisnis Tanaman

usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga

Selain bisnis kerajinan tangan, ada satu lagi hobi yang bisa dimamfaatkan oleh para ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu hobi berkebun seperti bisnis tanaman hias, atau menjual bibit buah-buahan siap tanam.

Kamu bisa memasarkannya kepada para tetangga, teman, dan kenalan. Atau bisa juga memasarkan di internet seperti sosial media, dan forum jual beli. Jika ada yang berminat, pembeli dengan mudah menghubungimu.

Sebagai alternatif pemasaran lainnya, kamu juga bisa memamfaatkan acara pameran tanaman hias yang digelar di daerahmu. Selain bisa memasarkan bisnis tanaman hias-mu, di pameran tersebut kamu juga bisa terinteraksi dengan pebisnis tanaman hias lainnya untuk menambah pengetahuan tentang tanaman hias.

#7. Membuka Tempat Les Belajar

Jika kamu adalah ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan akademik yang baik di bidang mata pelajaran tertentu, dan juga senang mengajar, maka kamu bisa membuka tempat les belajar bagi anak-anak sekolah di sekitar tempat tinggalmu.

Usaha tempat les belajar ini adalah sebuah usaha yang harus membutuhkan kemampuan yang sangat baik, oleh karena itu pastikan kamu memiliki kemampuan akademik yang baik, dan memiliki keyakinan yang kuat menjalankan bisnis ini.

Apabila bisnis tempat les belajar tersebut banyak peminatnya, maka tidak salahnya merekrut tenaga pengajar tambahan, yang kompeten dan profesional untuk membantumu menjalankan bisnis ini.

#8. Bisnis Aksesoris Wanita

usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga

Sebagai wanita tentunya mengenal baik tentang prilaku kaum wanita, yang kebanyakan senang memakai dan mengoleksi aksesoris. Dan ini bisa kamu mamfaatkan untuk mencari uang tambahan dengan berbisnis aksesoris wanita.

Ada banyak jenis produk aksesoris wanita yang pasti laku dijual seperti penjepit rambut, gelang, kalung, dompet, tas, anting-anting, dan lain sebagainya. Pemasarannya bisa lewat internet atau menawarkannya langsung kepada teman-teman wanitamu.

#9. Bisnis Minuman Segar

usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga

Bisnis atau usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga yang terakhir yaitu bisnis minuman segar. Bisnis ini termasuk salah satu bisnis yang mudah dikelola oleh siapapun, dan dimanapun.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu cukup menyediakan sebuah booth kecil di depan rumah, untuk menjual beberapa jenis minuman segar seperti jus buah, es milk tea, es buah, dan minuman segar lainnya.

Nah, itulah beberapa usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga yang cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan. Semoga artikel ini bisa menginspirasimu untuk memulai bisnis atau usaha, dan jangan lupa bagikan/share artikel ini ya. Terima kasih!!.

Belum ada Komentar untuk "9 Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga (Cocok Untuk Dijadikan Bisnis Sampingan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel