-->

10 Tips Memulai Bisnis Kuliner Khusus Buat Pemula Agar Tidak Rugi

tips memulai bisnis kuliner

Inilah beberapa tips memulai bisnis kuliner khusus untuk pemula agar tidak langsung rugi. Perlu diketahui, bisnis kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang laku setiap hari, maksudnya bisnis ini selalu memiliki pembeli tetap setiap hari.

Hal ini wajar karena makanan adalah salah satu kebutuhan utama manusia, dan manusia memerlukan makanan setiap harinya. Karena hal inilah membuat banyak orang tergiur terjun ke dalam bisnis kuliner.

Tapi, sebelum benar-benar terjun ke dalam bisnis kuliner ini, ada baiknya membaca terlebih dulu beberapa tips memulai bisnis kuliner berikut ini.

#1. Modal Awal

Ini adalah hal paling dasar yang harus dimiliki, karena besar atau kecilnya sebuah bisnis yang akan dimulainya, tergantung dari modal awal. Selain itu, hal yang sangat penting dilakukan adalah jangan pernah mencampurkan modal untuk usaha dengan biaya kebutuhan sehari-hari.

Karena nantinya, akan bingung dalam membuat neraca keuangan bisnis tersebut. Dan jika ingin bisnismu semakin berkembang, ada baiknya membiasakan menyisihkan beberapa persen keuntungan untuk tambahan modal guna menunjang perluasan bisnis tersebut.

#2. Menentukan Target Pasar

Tips memulai bisnis kuliner berikutnya yaitu menentukan target pasar. Dalam bisnis kuliner, target pasarnya memang sangat luas sekali, tapi jika ditentukan lebih spesifik lagi, maka akan mudah menentukan tujuan berikutnya.

Menentukan target pasar adalah salah satu hal yang sangat penting dilakukan guna menentukan arah bisnis, dan inovasi apa yang harus dilakukan, serta mengetahui perkembangan apa saja yang sedang populer di target pasar tersebut.

#2. Menentukan Lokasi

Setelah menentukan target pasar, langkah berikutnya yaitu menentukan lokasi. Dalam menentukan lokasi bisnis kuliner, pilihlah lokasi bisnis yang banyak dikunjungi, dan dilewati banyak orang setiap hari.

Selain itu, hitung juga modal yang akan dikeluarkan untuk menyewa, membeli, atau membangun tempat bisnis tersebut. Jangan sampai, modal bisnis habis hanya untuk menyewa, membeli, atau membangun tempat bisnis tersebut.

Contohnya, jika target pasarnya adalah para mahasiswa, maka lokasi bisnis yang bagus adalah area kampus, misalnya membuka restoran dengan harga murah dan memiliki beberapa fasilitas, yang bisa membuat para mahasiswa betah berlama-lama di restoran tersebut.

#4. Menentukan Menu

Menentukan menu yang akan dijual dalam bisnis kuliner juga sangat penting dilakukan. Dalam menentukan menu, ada baiknya memperhatikan menu makanan apa saja yang sedang ramai dibicarakan saat ini.

Tapi, jangan ikut-ikutan bersaing dengan menu makanan yang sudah ada. Ada baiknya menciptakan menu makanan yang berbeda, dan belum banyak beredar. Dengan cara ini, kamu akan menciptakan pasar sendiri di bisnis kuliner-mu.

Dalam menciptakan menu makanan ini, tentunya kamu sudah memperhitungkan segmentasi pasar yang akan dibidik. Jangan sampai makanan yang disajikan dalam bisnis kuliner-mu justru tidak disukai orang.

Masyarakat Indonesia sekarang ini kebanyakan ingin mencoba sesuatu yang baru, mereka sudah bosan dengan jenis kuliner-kuliner yang biasa-biasa saja. Bagi mereka, makanan enak saja itu belum cukup untuk membuat mereka menjadi pelanggan tetap.

#5. Membuat Konsep Yang Menarik

Di dalam bisnis, sebuah konsep yang menarik menjadi salah satu nilai tambah tersendiri, termasuk juga dalam bisnis kuliner. Oleh karena itu, sebelum membuka bisnis kuliner, sebaiknya memiliki sebuah konsep yang menarik.

Usahakan konsep-nya harus original (asli), dan berbeda dari bisnis kuliner yang sudah ada. Konsepnya tersebut bisa berupa nama yang nyeleneh, dekorasi tempat yang tidak lazim, dan lain sebagainya.

Karena biasanya, dengan konsep yang menarik tersebut, membuat banyak orang penasaran, bertanya-tanya produk yang dijual, apa keunikan produk tersebut, dan pelayanan apa yang ditawarkannya. Dengan cara ini, kamu mudah menjaring konsumen.

#6. Harga Yang Terjangkau

Tips memulai bisnis kuliner selanjutnya yaitu menentukan harga jual. Jika ingin membangun sebuah bisnis kuliner hingga sukses, maka sangat disarankan memberikan harga yang terbaik untuk konsumen.

Karena perilaku konsumen di Indonesia, selalu ingin mendapatkan harga terjangkau dengan pelayanan yang baik. Sebagai pebisnis, kita tentunya tidak bisa menyalahkan perilaku konsumen tersebut.

#7. Selalu Jaga Pasokan Bahan Baku

Menjaga pasokan bahan baku sangat dianjurkan dalam bisnis kuliner, demi menjaga kelancaran proses produksi. Untuk itu, harus di usahakan memiliki pemasok bahan baku tetap.

Selain itu, biasanya pemasok bahan tetap selalu memberikan harga yang relatif murah, dan selalu di prioritaskan apabila terjadi kelangkaan bahan baku di pasaran.

Namun, diusahakan juga memiliki pemasok bahan baku lain sebagai alternatif, apabila suatu saat pemasok bahan baku tetap tidak bisa menyediakan permintaanmu.

#8. Promosi

Promosi adalah salah satu tips memulai bisnis kuliner yang wajib dilakukan jika ingin sukses. Ada beberapa jenis promosi yang bisa dilakukan, salah satu yang paling mudah dilakukan adalah promosi dari mulut ke mulut.

Contohnya, jika produk yang dijual mampu memuaskan lidah konsumen, tentu hal ini bisa menjadi buah bibir, yang akan menarik disampaikan kepada keluarga, teman, rekan kerja, dan begitu seterusnya.

Selain itu, bisa juga memamfaat media sosial seperti facebook, twitter, instagram, line, BBM, dan lainnya sebagai media promosi untuk lebih mengenalkan bisnis kuliner-mu.

Atau bisa juga mengundang makan public figure secara gratis dengan syarat memberikan testimoni bagus di sosial media-nya, yang sudah memiliki banyak followers. Pembeli dijamin bertambah drastis.

Sekali-kali berikan promo, mulai potongan harga hingga makan gratis. Cara ini dianggap sebagai salah satu strategi marketing paling bagus, dan sudah banyak pebisnis yang sukses meningkat pembelinya dengan cara ini.

#9. Izin usaha

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berbisnis, jangan lupa untuk mengurus izin usaha dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang di lokasi bisnismu.

Jika bisnis-mu sudah berkembang semakin maju, ada baiknya segera mengurus izin ke kementerian kesehatan, mengurus NPWP (nomor pokok wajib pajak), dan kalau perlu mengurus sertifikat halal ke MUI (majelis ulama indonesia)

#10. Selalu Menjaga Reputasi Bisnis

Tips memulai bisnis kuliner yang terakhir yaitu selalu menjaga reputasi bisnis tersebut. Dalam bisnis kuliner, reputasi sangat harus dijaga, karena bisnis ini sangat sensitif terhadap isu-isu yang kurang baik.

Makanya, wajib selalu konsisten memberikan pelayanan yang baik, selalu menjaga kehigienisan makanan, dan selalu menjaga kebersihan tempat usaha. Dengan demikian, konsumen akan percaya bahwa bisnis kuliner-mu bisa memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

Nah, itulah beberapa tips memulai bisnis kuliner buat pemula dari bisnisman.ID. Semoga artikel ini bisa memberi masukan bagi mereka yang sedang ingin terjun ke bisnis kuliner, dan jangan lupa bagikan/share artikel ini ya.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Memulai Bisnis Kuliner Khusus Buat Pemula Agar Tidak Rugi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel