-->

17 Kerja Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa (Bagus Untuk Menambah Uang Saku)

Inilah beberapa kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa. Bukan rahasia umum lagi, menjadi mahasiswa itu tentunya memiliki banyak sekali kebutuhan dan keperluan untuk menunjang kegiatan belajar mereka.

Kalau kamu terlahir dari orangtua yang kaya, tentunya hal ini tidak menjadi suatu masalah, karena orangtuamu pasti mau membiayainya. Tapi bagaimana kalau orangtuamu hanya berpenghasilan pas-pasan saja.

Dan untuk mengatasinya banyak mahasiswa yang rela melakukan kerja sampingan agar tetap bisa mengejar cita-citanya. Lantas, kerja sampaingan apa saja yang cocok untuk mahasiswa? berikut ulasannya

#1. Mengajar

Mengajar adalah salah satu kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa. Dimana, mereka bisa menjadi tenaga pengajar di lembaga bimbingan belajar (bimbel) atau menjadi pengajar untuk kursus private untuk pelajaran tertentu bagi siswa SD atau SLTP.

Salah satu kursus private yang cukup banyak dicari oleh para orangtua siswa yaitu kursus private matematika. Karena, matematika sudah diajarkan sejak pendidikan dasar dan akan diujikan pada saat ujian nasional.

#2. Kerja di Restoran

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Kerja di sebuah restoran juga merupakan salah satu kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa, dan cukup populer dikalangan para mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di dalam negeri.

Kenapa banyak mahasiswa yang memilih kerja sampingan di restoran? Karena biasanya jam kerja di sebuah restoran itu bisa disesuaikan atau diatur dengan kegiatan belajar di mahasiswa tersebut.

#3. Bisnis Kaos

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Bisnis ini sedang menjadi trend dikalangan anak muda di masa kini, sehingga banyak bermunculan distro-distro di berbagai kota. Selain itu, bisnis kaos ini juga merupakan salah satu bisnis yang laku setiap hari.

Untuk memulai bisnis ini, harus bisa membangun hubungan baik dengan sablon dan konveksi. Selain itu, dituntut juga harus kreatif dalam membuat desain kaos untuk dijual. Semakin bagus desain kaosnya, semakin banyak orang yang ingin membelinya.

#4. Freelance

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Menjadi seorang freelance bisa menjadi pilihan yang sangat bagus untuk mahasiswa. Karena, pekerjaan ini tidak terikat dengan waktu kerja khusus, sehingga kegiatan belajar si mahasiswa tersebut tidak terganggu.

Seorang freelance hanya mengerjakan sebuah pekerjaan jika ada pesanan yang datang. Ada beberapa jenis pekerjaan freelance yang banyak diminati saat ini seperti penulis lepas, fotografer, pengembang situs web, dan sebagainya.

#5. Magang Berbayar

Kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa berikutnya, yang patut dipertimbangkan untuk dicoba adalah magang berbayar. Kamu bisa mencoba melamar kerja magang, yang sesuai dengan jurusan perkuliahanmu.

Dalam hal ini, kamu harus bisa memastikan ke perusahaan tempatmu melamar kerja magang tersebut, bahwa kamu memiliki cukup waktu untuk berkomitmen di tempat kerja magangmu tersebut.

#6. Jualan Aplikasi Game

Kalau kamu adalah seorang mahasiswa yang hobi main game, maka kerja sampingan ini cocok untukmu. Pastikan kamu memiliki banyak koleksi game, baik itu game android maupun game PC yang banyak pengemarnya.

Karena semakin banyak koleksi gamemu, maka semakin banyak juga pilihan bagi pelanggan, jangan lupa juga berikan pelayanan yang baik, dan kalau bisa berikan juga harga yang murah. Sebab, pelayanan baik dan harga murah adalah dua hal yang banyak dicari orang.

7. Menjadi Blogger

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Sebenarnya menjadi blogger itu tidak terbatas untuk mahasiswa saja, siapapun bisa asalkan kamu suka dan bisa menulis, serta punya sedikit waktu untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan dunia blogger seperti SEO.

Lantas, darimana para blogger dapat bayaran? umumnya para blogger menjadi publisher untuk jaringan iklan global seperti Google Adsense atau bisa juga menjual produk sendiri dari blog yang kelolanya.

#8. Jualan Pulsa

Jualan Pulsa juga merupakan salah satu kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa, karena modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini sangat kecil. Selain itu, bisnis jualan pulsa juga mudah dilakukan dan bisa langsung berjalan.

Tapi, sebelum menjalankan bisnis ini, siapkan sebuah strategi agar bisnis ini bisa berjalan dan bertahan lama. Sebab banyak orang, khusus orang-orang terdekat yang membeli pulsa tapi bayarnya belakangan.

Untuk memulai bisnis jualan pulsa ini, kamu bisa membaca artikel tentang beberapa tips jualan pulsa untuk pemula, yang pernah Bisnisman.ID tulis beberapa waktu lalu.

#9. Jualan Barang Bekas

Bisnis jualan barang bekas memang memerlukan modal yang cukup banyak dan memerlukan kecermatan dalam membaca peluang, tapi bisnis ini tidak bisa disepelekan dan bisa dijalankan oleh mahasiswa.

Contohnya, kita membeli sebuah kipas angin di pasar barang bekas, kemudian menjualnya kembali kepada teman kampus yang sedang memerlukan kipas angin untuk kamar kosnya.

Intinya, semakin cermat kita membaca peluang, maka semakin kecil modal yang dikeluarkan dan semakin besar untung yang kita dapatkan.

#10. Jasa Printing

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Dalam bisnis jasa printing ini membutuhkan minimal satu buah laptop dan print, serta beberapa perlengkapan lainnya. Bisnis ini termasuk bisnis yang menjanjikan karena ada banyak orang yang memerlukan jasa ini. Misalnya mahasiswa yang tidak bisa lepas dari laporan atau tugas seperti hard copy.

Selain itu, bisnis ini juga bisa dijalankan di tempat tinggal seperti di rumah, kontrakan, dan tempat kost. Bahkan, bisnis ini bisa dijadikan bisnis rintisan untuk dikembangkan ke bisnis percetakan yang lebih besar lagi.

#11. Jasa Foto dan Video

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Jasa foto dan video juga merupakan salah satu bisnis atau kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa jurusan fotografi. Sehingga mahasiswa tersebut bisa berbisnis sekaligus mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya di bangku perkuliahan.

Perlu diingat, walaupun bisnis ini awalnya hanya untuk sampingan saja, tapi kalau dilakukan dengan baik dan manajemen yang bagus, bisa menjadi bisnis rintisan yang berpotensi besar setelah lulus kuliah nantinya.

#12. Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Kalau kamu adalah seorang mahasiswa yang senang dengan dunia hewan, maka jasa penitipan dan perawatan hewan ini cocok untukmu. Bisnis ini termasuk menjanjikan, karena ada banyak orang yang tidak punya waktu untuk menjaga dan merawat hewan peliharaannya.

Tapi, bisnis ini memerlukan area yang cukup luas, karena ada banyak hewan yang harus ditangani. Selain itu, bisnis ini juga tidak bisa dijalankan sendirian, sebaiknya ajak beberapa teman mahasiswa lainnya, yang memiliki hobi sama.

#13. Menjadi  Pramuwisata

Kalau jasa yang satu ini cocok dijalankan untuk mahasiswa yang suka traveling. Dalam bisnis ini, mahasiswa tersebut dituntut harus bisa menguasai seluk beluk tempat tujuan wisata tersebut, bisa memberikan panduan dan penjelasan kepada peserta tour.

Selain dapat bayaran yang lumayan, mahasiswa tersebut juga dapat jalan-jalan gratis lewat jasa ini, dan bisa langsung mengasah kerampilannya dalam berkomunikasi di depan orang banyak.

#14. Jasa Servis Gadget

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa yang satu ini bisa dijalankan oleh mahasiswa jurusan teknik computer atau yang mengerti dan memiliki kerampilan hardware maupun software laptop, smartphone, dan PC.

Selain memiliki keterampilan hardware maupun software yang cukup mumpuni, kamu juga harus mempunyai beberapa peralatan penting seperti obeng, tang, dan sebagainya. Setelah semuanya siap barulah mempromosikan jasamu tersebut.

#15. Tukang Ojek Online

Kalau kamu adalah seorang mahasiswa yang sudah punya sepeda motor, SIM, dan menguasai seluk beluk kota di tempat kuliahmu, maka menjadi tukang ojek online bisa jadi pilihan yang bagus dan menjanjikan.

Tukang Ojek online ini sudah menjadi trend di beberapa kota di Indonesia, dan banyak didominasi oleh mahasiswa. Cukup punya modal sebuah sepeda motor pribadi, aplikasi Ojek online, paket data, dan smartphone, kamu sudah bisa langsung mendaftar menjadi tukang ojek online.

Unik lagi, kerja menjadi tukang ojek online ini bersifat fleksibel, artinya kamu bisa mengambil orderan ketika ada waktu luang saja.

#16. Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah adalah kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa jurusan bahasa seperti mahasiswa jurusan bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa mandarin, bahasa arab atau bahasa-bahasa lainnya.

Yang menarik, jasa ini tidak membutuhkan modal sama sekali, hanya dibutuhkan kefasihan dalam berbahasa asing.

17. Jadi Proofreader

kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Ada satu lagi kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa jurusan bahasa yaitu menjadi Proofreader. Tugas Proofreader adalah mengecek dan mengoreksi keseragaman bahasa, mencari kesalahan penulisan dan mengecek EYD.

Kerja ini cukup menjanjikan, sebab ada banyak media dan penerbit di Indonesia yang memerlukan jasa ini. Selain itu, jam kerjanya juga sangat fleksibel, dan bisa dilakukan di rumah, kontrakan, atau tempat kosanmu.

Selain cocok untuk mahasiswa jurusan bahasa, kerja sampingan ini cocok juga untuk mahasiswa jurusan Sastra dan jurusan Jurnalistik.

Nah, itulah beberapa kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa agar bisa menambah uang saku bulananmu. Apapun kerjaan yang sedang kamu jalani, harus dijalankan dengan baik dan siapkan mental sebelum memulainya.

Belum ada Komentar untuk "17 Kerja Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa (Bagus Untuk Menambah Uang Saku)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel